Amien Rais Endus Skenario Jokowi 3 Periode, ini Kata PDIP

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Amien Rais Endus Skenario Jokowi 3 Periode, ini Kata PDIP


JawaPos.com – Pendiri Partai Ummat yang juga mantan Ketua MPR RI Amien Rais menduga saat ini ada skenario yang ingin menjadikan Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi Presiden Indonesia tiga periode.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah mengatakan, sejauh ini pihaknya belum pernah memikirkan untuk mengubah konstitusi menambah jabatan kepala negara ini.

“Apalagi mengambil langkah politik untuk mengubah konstitusi hanya untuk menambah masa jabatan presiden menjadi tiga perioden,” ujar Basarah kepada wartawan, Senin (15/3).

“Demikian juga di MPR, kami belum pernah membahas isu masa jabatan presiden tersebut dan mengubahnya menjadi tiga periode,” tambahnya.

Ketua DPP PDIP ini menambahkan, masa jabatan presiden cukup dua periode seperti yang saat ini berlaku. Sehingga yang sudah cukup ideal tersebut tidak perlu untuk diubah lagi.

“Jadi sudah cukup ideal dan tidak perlu diubah lagi,” ungkapnya.

Saat ini menurut Basarah, hanya saja perlu kepastian akan kesinambungan pembangunan nasional dalam setiap pergantian kepemimpinan. Sehingga tidak ganti kepala negara, maka berganti visi misi dan program pembangunannya.

“Jadi pola pembangunan nasional seperti itu ibarat tari poco-poco, alias jalan di tempat,” katanya.

Atas dasar itu, yang dibutuhkan bangsa Indonesia saat ini adalah perubahan terbatas UUD 1945 dalam memberikan kembali wewenang MPR untuk menetapkan Garis Besar Haluan Negara (GBHN) dan bukan menambah masa jabatan presiden menjadi 3 periode.

“Karena hal tersebut bukan kebutuhan bangsa kita saat ini,” tuturnya.

Baca Juga: Marzuki Alie Laporkan AHY ke Bareskrim

Sebelumnya, Amien Rais menaruh kecurigaan terhadap upaya yang dilakukan sejumlah pihak untuk menerbitkan pasal dalam aturan hukum agar presiden Jokowi bisa kembali memimpin dalam tiga periode.

“Akankah kita biarkan, plotting rezim sekarang ini, akan memaksa masuknya pasal supaya bisa dipilih ketiga kalinya,” kata Amien.

Amien sendiri menangkap sinyal politik terkait skenario yang tengah dilakukan sejumlah pihak untuk melakukan manuver agar Jokowi bisa terpilih sebagai presiden tiga periode. Salah satunya melalui manuver politik yang dilakukan pemerintah saat ini untuk mengamankan semua lembaga negara, mulai dari DPR, MPR, DPD, maupun lembaga negara lain guna mencapai tujuan tersebut.


Amien Rais Endus Skenario Jokowi 3 Periode, ini Kata PDIP