Cara Bijak Hemat Kantong Plastik Lewat #SelangkahLebihHijau

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Cara Bijak Hemat Kantong Plastik Lewat #SelangkahLebihHijau


JawaPos.com – Kini hampir semua bisnis ritel kompak dan konsisten dalam membatasi penggunaan kantong plastik untuk konsumen. Masyarakat diminta untuk menghemat penggunaan kantong plastik, membawa kantong ramah lingkungan, atau terpaksa harus membayar jika ingin tetap menggunakan plastik.

Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2021, lewat webinar ‘New Ways of Shopping : Rethink & Reuse’ masyarakat diajak ikut dalam kampanye #SelangkahLebihHijau agar lebih bijak dalam pengelolaan sampah sehari-hari, serta berlaku bijak dalam penggunaan kemasan dan kantong plastik sekali pakai.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, Hari Peduli Sampah Nasional diperingati untuk mengingatkan kita bahwa setiap
orang memiliki peran dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan mengelola sampah melalui langkah-langkah sederhana yaitu Reduce, Reuse, Recycle (3R),” kata Chief Executive Officer Super Indo Johan Boeijenga, dalam webinar ‘Kantong Segar 365’ baru-baru ini.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengajak masyarakat ikut dalam kampanye #SelangkahLebihHijau. Dengan begitu konsumen diminta untuk berpikir kritis serta terlibat secara langsung dalam rantai pengurangan sampah guna memberikan dampak yang baik untuk lingkungan.

“Di samping itu konsumen juga harus punya kepedulian dan kesadaran untuk turut mengurangi sampah plastik,” kata Tulus Abadi.

Executive Director Gerakan Indonesai Diet Kantong Plastik (GIDKP) Tiza Mafira, mengatakan pastik sekali pakai sering dipakai dalam keseharian. Dan dampak sampahnya terhadap lingkungan sangat mengkhawatirkan.

“Konsumen perlu diberi pilihan-pilihan yang bisa digunakan ulang, misalnya memberi pilihan tas buah dan sayur
yang bisa digunakan ulang dan menggantikan roll plastic, dengan begitu kita bisa ikut menyelamatkan lingkungan,” kata Tiza.


Cara Bijak Hemat Kantong Plastik Lewat #SelangkahLebihHijau