Target Lolos Olimpiade, No 2 Indonesia Harus Bisa Tembus Final

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Target Lolos Olimpiade, No 2 Indonesia Harus Bisa Tembus Final


JawaPos.com – Ganda campuran nomor 2 Indonesia Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja memikul beban berat di Swiss Open 2021. Keduanya ditargetkan bisa menembus final dan juara. Selain itu, HafGlo –sebutan mereka– masih harus mengamankan posisi di kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Saat ini Hafiz/Gloria berada pada posisi kedelapan ranking Race to Tokyo dengan perolehan 60,851 poin. Ada Tang Chun Man/Tse Ying Suet tepat di bawah yang menempel ketat dengan raihan 60,566 poin.

Posisi yang kritis. Sebab, hanya posisi delapan besar yang berhak lolos.

Untungnya, pasangan Hongkong itu tidak berpartisipasi dalam Swiss Open 2021 ini. Kemungkinan untuk menyalip tidak ada. Meski begitu, kualifikasi yang diperpanjang hingga 15 Juni tidak boleh membuat Hafiz/Gloria lengah. Mereka harus bisa memaksimalkan raihan dalam Swiss Open 2021.

Selain itu, masih ada Marcus Ellis/Lauren Smith yang membayangi pada posisi ke-10. Pasangan Inggris itu mengumpulkan 58,818 poin. Bisa saja mereka menyalip jika meraih hasil bagus dalam turnamen tersebut.

Nah, rintangan awal Hafiz/Gloria di Swiss Open 2021 adalah melewati pasangan India Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnappa. Saat ini head-to-head mereka seimbang 1-1. Pertemuan terakhir terjadi saat Thailand Open I. Saat itu Hafiz/Gloria harus mengakui keunggulan Rankireddy/Ponnappa 11-21, 29-27, 16-21.

Berbekal pengalaman tersebut, Hafiz/Gloria bisa belajar banyak untuk pertandingan babak pertama ini. Gloria berharap kekalahan di Bangkok, Thailand, itu tidak akan terulang lagi saat berlaga di St Jakobshalle, Basel.

”Saat di Thailand itu, susah untuk menyerang balik. Kami bakal atur strategi lagi. Selebihnya, kami kontrol masing-masing seperti komunikasinya diperlancar lagi,” ujar Gloria.

Gloria tidak menjadikan target tinggi yang diberikan kepadanya sebagai tekanan. ”Justru dijadikan motivasi. Jadi, tanggung jawab setiap turnamen itu harus ada hasil yang bisa diberikan,” tuturnya.

Pelatih Richard Mainaky juga meminta Hafiz/Gloria tidak terlalu terpengaruh dengan hasil pertemuan di Thailand. Menurut dia, ini merupakan saat yang tepat untuk bisa membalas kekalahan.

”Hasil evaluasi yang lalu sebetulnya tidak ada masalah. Seharusnya, kalau dilihat secara keseluruhan, pemain kita bisa lebih unggul atas India,” jelas Richard.

Baca Juga: Dihajar Brutal, Tumbang 3 Kali di 3 Ronde, Mampu Bangkit dan Tak Kalah

Richard memang tidak pernah secara langsung mematok target kepada Hafiz/Gloria. ”Kalau target, pasti yang tertinggi. Soal nanti bagaimanapun hasilnya, itu bisa mengikuti. Sampai final lebih mudah diraih hasil yang lain,” tandasnya.

Laga Babak Pertama Wakil Indonesia di Swiss Open 2021:
Tunggal Putra
Shesar Hiren Rhustavito (Indonesia) vs Son Wan-ho (Korea Selatan)

Tunggal Putri
Ruselli Hartawan (Indonesia) vs Iris Wang (Amerika Serikat)

Ganda Putra
Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (Indonesia) vs Jeppe Bay/Lasse Mølhede (Denmark)
Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Indonesia) vs Eloi Adam/Julien Maio (Prancis)
Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (Indonesia) vs Jason Anthony Ho-Shue/Nyl Yakura (Kanada)

Ganda Campuran
Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso (Indonesia) vs Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (Malaysia)
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia) vs Lee Jhe-Huei/Hsu Ya Ching (Taiwan)
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (Indonesia) vs Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnappa (India)


Target Lolos Olimpiade, No 2 Indonesia Harus Bisa Tembus Final