Intip Busana Trendi dari Kain Perca Lewat Koleksi Spring/Summer PURANA

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Intip Busana Trendi dari Kain Perca Lewat Koleksi Spring/Summer PURANA


JawaPos.com – Ada banyak cara kreatif yang dilakukan desainer untuk menciptakan koleksi yang tetap trendi di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya, dengan mengolah kain sisa pembuatan pakaian atau kain perca yang dipadupadankan dengan teknik fabric manipulation dalam karyanya.

Dalam koleksi Spring/Summer 2021 ‘Synchronized’ PURANA di Jakarta Fashion Hub (JFH), koleksi itu terinsipirasi dari berkarung-karung kain perca yang ada di workshop PURANA. Label dalam negeri ini menggandeng fotografer Hakim Satriyo untuk menggabungkan desain baju dengan karya seni fotografi kontemporer.

“Awanya kami ingin menjadikan potongan kain perca menjadi motif kain baru, namun cara ini tidak akan menghasilkan cukup banyak kain untuk membuat koleksi utuh. Kami lalu memberikan ide kepada Hakim untuk merangkai kain tersebut menjadi sebuah komposisi material untuk difoto dan hasil fotografi tersebut dipakai sebagai motif kain,” kata Direktur Kreatif PURANA, Nonita Respati dalam konferensi pers virtual, Selasa (2/3).

Baca Juga: 20 Label Jadi Penggerak Ekonomi Lewat ModestFFFUND 2021

Uniknya kain perca diolah dengan berbagai cara. Mulai dari membekukannya di lemari es, menyiramnya dengan minyak, menggoreng, merebus bahkan menyobeknya.

Hasilnya, kolaborasi keduanya menghasilkan serangkaian koleksi yang sangat relevan untuk dikenakan di kondisi pandemi saat ini. Bagi penyuka motif kalem, PURANA juga menciptakan wrap dress bergaya santai dengan detail permainan panel dan piping dipadukan dengan kain tekstur bergaris serta top multifungsi, yang dipadupadankan dengan bahan denim.

Menariknya, seluruh koleksi yang ditampilkan PURANA kali ini menggunakan bahan utama dari serat viscose-rayon yang diproduksi Asia Pacific Rayon (APR). Serat yang dihasilkan perusahaan yang berbasis di Provinsi Riau ini 100 persen berasal dari serat alami, biodegradable, nyaman dan bertekstur lembut.

Bahan viscose-rayon sangat cocok untuk pembuatan baju bergaya leisure wear, yang masih diprediksi menjadi tren global untuk beberapa musim ke depan. PURANA sendiri juga menampilkan serangkaian leisure wear yang sangat fashionable, baik untuk dikenakan di rumah maupun menghadiri sebuah acara yang lebih formal.

Sebut saja atasan off-shoulder yang terlihat semakin stylish dengan paduan ikat pinggang, jumpsuit yang nyaman namun tetap bergaya untuk pesta kebun atau pantai. Karena sangat relevan dengan masa sekarang, banyak items sudah harus diproduksi ulang karena animonya sangat tinggi.

“Memang pada akhirnya kita harus realistis. Sebenarnya saya juga kangen berkreasi dengan detail dan potongan yang lebih rumit dan baju-baju yang lebih formal. Tapi pengalaman masa awal pandemi mengajarkan kami untuk lebih berfokus pada apa yang dibutuhkan, gaya seperti apa yang menjual dan demand-nya tinggi, namun sekaligus keluar dari tren pajama look yang sudah terlalu marak,” lanjut Nonita.

Saksikan video menarik berikut ini:


Intip Busana Trendi dari Kain Perca Lewat Koleksi Spring/Summer PURANA