MUI Jatim Belum Putuskan Salat Tarawih dan Idul Fitri di Masjid

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

MUI Jatim Belum Putuskan Salat Tarawih dan Idul Fitri di Masjid


JawaPos.com–Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur belum memutuskan anjuran bagi umat Islam soal menjalankan ibadah salat tarawih dan Idul Fitri di masjid pada masa pandemi Covid-19. Hingga kini pandemi belum dinyatakan berakhir.

Sekretaris MUI Jawa Timur KH Hasan Ubaidillah memastikan takmir dan marbot atau petugas masjid dan musala sedang diupayakan mendapatkan vaksinasi Covid-19 sebelum Ramadan tiba.

”Sebagian besar takmir dan marbot di Jawa Timur sudah divaksin dan hingga kini masih terus diupayakan, yang difasilitasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” ujar KH Hasan Ubaidillah seperti dilansir dari Antara di Surabaya.

Menurut dia, vaksinasi terhadap takmir dan marbot disegerakan demi memberi rasa aman kepada jamaah, khususnya pada saat pelaksanaan salat tarawih. Kendati demikian, dia belum memastikan apakah selama Ramadan tarawih, tadarus, dan bahkan Salat Idul Fitri bisa dilaksanakan secara serentak di masjid-masjid sebagaimana sebelum pandemi.

”Kami juga masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat maupun Pemprov Jatim. Sebab, pandemi belum dinyatakan selesai walaupun vaksinasi secara masif sudah dilaksanakan,” ucap KH Hasan Ubaidillah.

Meski masyarakat telah menjalani vaksinasi Covid-19, MUI Jawa Timur mengimbau mereka tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan selama status pandemi belum dinyatakan selesai.

Ketua Umum MUI KH Miftachul Akhyar di Surabaya pada Sabtu (20/3), mengimbau pelaksanaan ibadah di masjid tetap melaksanakan protokol kesehatan. Alasannya, saat ini masa pandemi masih belum berakhir dan sebagai salah satu upaya menghindari risiko atau bahaya.

”Kami imbau jamaah yang beribadah di masjid tetap protokol kesehatan ketat, seperti jaga jarak saf dan pastikan selalu rutin dilakukan penyemprotan disinfektan, dan lain-lain,” tutur KH Miftachul Akhyar.

Saksikan video menarik berikut ini:


MUI Jatim Belum Putuskan Salat Tarawih dan Idul Fitri di Masjid