Pemkab Banyuwangi Jamin Harga Beras Lokal Aman

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pemkab Banyuwangi Jamin Harga Beras Lokal Aman


JawaPos.com – Kekhawatiran petani terkait rencana pemerintah pusat mengimpor 1 juta ton beras ke tanah air yang diprediksi bisa menjatuhkan harga beras lokal, diharapkan tak menular ke Banyuwangi. Pemkab Banyuwangi mengungkapkan bahwa kualitas beras asal Banyuwangi selama ini cukup baik.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Nanin Oktaviantie mengatakan, sampai hari ini pihaknya belum menerima informasi rinci terkait rencana ekspor. Selain itu, dia juga yakin jika nantinya akan tetap ada proteksi dari pemerintah pusat sehingga harga beras di Banyuwangi tetap stabil. Ditambah lagi, kata Nanin, masyarakat Banyuwangi selama ini sangat menghargai produk beras lokal.

Dari data Dinas Pertanian sendiri, tahun lalu rata-rata konsumsi beras masyarakat Banyuwangi mencapai 12.000 ton per bulan. Dengan kata lain masyarakat Banyuwangi mengonsumi beras lokal kurang lebih 146.000 ton per tahun, dari total panen sekitar 828 ribu ton dalam setahun. ”Jadi, menurut kami tidak akan banyak berpengaruh di masyarakat (terkait beras impor) karena masyarakat kita suka dengan produk sendiri,” ungkapnya seperti dikutip Radar Banyuwangi, Minggu (22/3).

Ditambah lagi, beberapa daerah lain di Jawa Timur juga sudah cukup mengenal beras Banyuwangi sebagai beras punel dengan kualitas yang baik. Sehingga banyak orang dari luar kota yang membeli beras dari Banyuwangi.

Karena itu, Nanin optimistis harga beras di Banyuwangi akan tetap stabil. ”Harga beras premium di kisaran Rp 12.000 sampai Rp 15.000 per kilogram (kg). Kalau medium di kisaran Rp 9.000 sampai Rp 10.000 per kg,” terangnya.

Sementara itu, Dinas Koperasi juga tengah menyiapkan program untuk tetap menjaga kestabilan stok pangan jelang dan selama bulan Ramadan nanti. ”Kita akan siapkan lagi operasi pasar agar harga-harga tetap terjaga. Jadi kita berharap di Banyuwangi semuanya tetap stabil,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:


Pemkab Banyuwangi Jamin Harga Beras Lokal Aman