Sandiaga Dapat Masukan dari Sultan HB X Soal Pengembangan Pariwisata

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Sandiaga Dapat Masukan dari Sultan HB X Soal Pengembangan Pariwisata


JawaPos.com–Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mendapat sejumlah masukan dari Gubernur Daerah Istimewa Jogjakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengenai pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.
Ngarsa Dalem (Sultan HB X) banyak memberi masukan mengenai kebijakan pariwisata dan ekonomi kreatif. Tentunya kita sekarang mulai memupuk harapan kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Sandiaga seperti dilansir dari Antara seusai menemui Sultan di Keraton Kilen, Jogjakarta, Jumat (12/3) malam.

Masukan dari Sultan, kata Sandiaga, antara lain terkait pola perjalanan (travel pattern) yakni inovasi dalam pengembangan pariwisata agar lebih berkualitas dengan lama tinggal wisata atau length of stay (LOS) yang lebih meningkat. Melalui inovasi itu pula, ke depan kualitas dari pengeluaran belanja pariwisata dan wisatawan bisa lebih baik.

”Beliau memberi masukan mengenai travel pattern yaitu satu inovasi dalam pengembangan pariwisata agar pariwisata lebih berkualitas,” kata Sandiaga.

Selain itu, Sandiaga juga meminta dukungan Sultan HB X mengenai program Kawasan Borobudur Highland yang pengembangannya mencakup wilayah Kulon Progo, Daerah Istimewa Jogjakarta.

”Kebetulan juga perlu banyak dukungan dari Ngarsa Dalem (Sultan) berkaitan dengan lahan-lahan di Kulon Progo agar bisa dalam konsep berkelanjutan. Jadi glamping dan kegiatan-kegiatan berbasis alam terbuka,” tutur Sandiaga.

Sandiaga berharap dengan mengadopsi teknologi, ke depan mampu membuka peluang usaha serta mampu menghidupkan desa-desa wisata di sekitar kawasan Borobudur Highland.

Menurut Sultan, pandemi Covid-19 memberikan pengalaman baru sehingga harus direspons dengan cara pandang yang baru. termasuk dalam pengelolaan pariwisata dan ekonomi kreatif.

”Harus ditumbuhkembangkan tetapi juga punya pemahaman baru, yang tidak ada bisa jadi ada,” kata Sultan HB X.

Sandiaga tiba di kediaman Sultan di Keraton Kilen sekitar pukul 20.30 WIB dan mengakhiri pertemuan dengan Raja Keraton Jogjakarta itu sekitar pukul 22.10 WIB.

Saksikan video menarik berikut ini:


Sandiaga Dapat Masukan dari Sultan HB X Soal Pengembangan Pariwisata