Senam Untuk Pasien Diabetes Harus Bertumpu Pada Gerakan Otot Besar

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Senam Untuk Pasien Diabetes Harus Bertumpu Pada Gerakan Otot Besar


JawaPos.com – Rutin berolahraga bisa membuat tubuh sehat dan bugar. Namun seseorang yang sudah punya riwayat penyakit tak menular seperti diabetes atau jantung, umumnya dianjurkan olahraga khusus.

Instruktur senam dan penggiat kesehatan, Citra Rosseline dalam webinar Siloam Hospitals Putera Bahagia Cirebon mengatakan senam untuk pasien diabetes berbeda. Diutamakan pada gerakan yang bertumpu pada otot besar.

“Senam diabetes mirip dengan senam biasa, tetapi gerakannya berfokus pada sejumlah otot besar. Gerakan senam ini juga dilakukan dengan berirama dan berkesinambungan dalam waktu yang lama,” tutur Citra Rosseline.

Menurutnya, senam diabetes bertujuan membuat penderita penyakit ini aktif bergerak sehingga metabolisme dalam tubuh juga lebih baik. Manfaat gerakan senam yang akan dirasakan antara lain membantu mengontrol gula darah.

“Bisa menurunkan kadar glukosa dalam darah dan menjaga keseimbangan berat badan. Maka untuk gerakannya bisa meminta saran oleh ahli atau dokter,” lanjutnya.

Selain olahraha, diabetesi juya harus menjalankan pola makan seimbang berupa asupan nutrisi diabetes yang tepat dengan kalori terukur. Diabetesi dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang, mengandung karbohidrat baik yang memiliki indeks glikemik rendah, tinggi serat, vitamin, dan mineral untuk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, memberikan ketersediaan energi lebih lama, dan memberi rasa kenyang lebih lama.

Aktivitas fisik untuk dapat menjaga kebugaran tubuh serta terhindar dari berbagai penyakit. Diabetesi perlu memilih olahraga yang bersifat aerobik, seperti jalan cepat, jogging, bersepeda, dan berenang.

Selain itu, pasien diabetes wajib minum obat sesuai anjuran dokter untuk mengontrol kadar glukosa darah. Namun mengonsumsi obat harus dalam pengawasan dan atas resep dokter.

Saksikan video menarik berikut ini:

 


Senam Untuk Pasien Diabetes Harus Bertumpu Pada Gerakan Otot Besar