Trisutji Kamal, Tokoh Besar Musik Klasik Wafat Akibat Komplikasi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Trisutji Kamal, Tokoh Besar Musik Klasik Wafat Akibat Komplikasi


JawaPos.com – Trisutji Kamal, tokoh besar musik klasik meninggal dunia tadi pagi Minggu (21/3) sekitar pukul 04.30 WIB. Kabar duka tersebut diungkapkan pengamat musik Stanley Tulung.

Trisutji Kamal menghembuskan napas terakhir di usia 84 tahun di rumahnya. Menurut Stanley Tulung, ia meninggal setelah sebelumnya sempat mengalami komplikasi penyakit. Namun ia tak menjelaskan secara rinci mengenai riwayat sakit yang sempat diderita almarhum sebelum meninggal.

“Iya benar (meninggal). Komplikasi, beberapa hari belakangan sempat drop hingga akhirnya tadi jam 4.30 WIB berpulang,” terang Stanley Tulung kepada JawaPos.com Minggu (21/3).

Stanley Tulung menyatakan, Trisutji Kamal adalah tokoh dan musisi hebat dalam musik klasik yang karyanya telah diakui dunia. Salah satu karyanya bahkan berhasil menembus dunia internasional di usianya yang masih sangat muda, 19 tahun, sekitar tahun 1956.

“Karyanya ‘Loro Djongrang’ sudah dimainkan di Conservatorio de Musica St Caecelia Roma, Italia, saat dia berusia 19 tahun,” ungkapnya.

Nama Trisutji Kamal dikenal sebagai komponis untuk piano, flute dan vokal. Karyanya telah dimainkan oleh sejumlah pianis kelas dunia dari sejumlah negara. Ia telah menciptakan lebih dari 200 karya komposisi untuk piano. Karyanya tersebut terhimpun dalam 10 CD audio bertajuk Complete Piano Works Series yang seluruhnya dimainkan oleh Ananda Sukarlan.

Sebelumnya, beredar pesan singkat menyatakan bahwa Trisutji Kamal meninggal duni tadi pagi.

“Telah wafat pagi ini jam 4.30 minggu 21032021. KRA.Trisutji Djuliati Kamal binti.dr.RM.Djoelham Soeryowidjojo. Rumah duka jl.MPR V no 15. RT 005/RW 011 Cilandak Barat Jakarta Selatan,” demikia pesan singkat yang beredar.

Saksikan video menarik berikut ini:

 


Trisutji Kamal, Tokoh Besar Musik Klasik Wafat Akibat Komplikasi