Zul Zivilia Dibui 18 Tahun, Istri Banting Tulang Jadi Make Up Artist

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Zul Zivilia Dibui 18 Tahun, Istri Banting Tulang Jadi Make Up Artist


JawaPos.com – Vokalis band Zivilia, Zulkifli alias Zul Zivilia divonis 18 tahun penjara terkait kasus narkoba dan kini tengah mendekam di Lapas Salemba Jakarta Pusat. Sang istri, Retno Paradinah mau tidak mau harus menjadi tulang punggung keluarga demi menghidupi diri sendiri dan anak-anaknya.

Apa saja dilakukan Retno untuk dapat bertahan hidup, termasuk berjualan baju dan menjadi make up artist. Retno bersyukur berapa pun pendapatan yang diterimanya.

“Ada pemasukan alhamdulillah dari jualan baju dan make up artist. Kurang-kurangnya paling minta tolong sama saudara, sama orang tua,” kata Retno Paradinah saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Kehidupan Retno sebelum dan setelah Zul Zivilia ditangkap atas kasus narkoba memang mengalami perubahan cukup drastis. Kendati demikian, ia sejatinya adalah perempuan hebat tidak mau terlalu mengeluhkan keadaan. Retno juga masih tetap setia dan sabar menunggu suaminya menghirup udara bebas.

Secara rutin, Retno Paradinah membesuk Zul Zivilia di dalam penjara sejak dua tahun belakangan. Namun setelah tidak bisa membesuk secara langsung akibat terjadinya pandemi, ia tetap berusaha melakukan besuk via videocall atau telepon.

“Alhamdulillah dia sehat. Sudah beberapa bulan ini nggak ketemu, nggak bisa dijenguk. Tapi kita tetap komunikasi,” kata Retno Paradinah.

Dia juga mengatakan, tiap kali dibesuk, Zul Zivilia jarang sekali meminta makanan khusus untuk dirinya. Vokalis grup band Zivilia itu malah lebih memikirkan teman-temannya sesama penghuni hotel prodeo.

“Kalau dibesuk dia tuh jarang minta bawain buat dirinya sendiri. Paling kayak buat petugas gitu, buat teman-temannya. Soalnya kalau ngikutin dia, katanya takutnya yang lain enggak bisa makan. Jadi apa aja dibawa,” tuturnya.

Seiring berjalannya waktu, Retno menuturkan bahwa anaknya sudah mengetahui bahwa ayahnya masuk penjara. Namun untuk anak yang kecil, Retno menyatakan ayahnya sedang berada di pesantren. Hati Retno Paradinah tidak kuasa menahan sedih ketika anak-anaknya bertanya kapan Zul akan pulang ke rumah.

“Kalau anak-anak lihat anak tetangga jalan sama bapaknya, pada nanya, ‘kapan jalan-jalan lagi sama bapak ? Apalagi yang paling gede kan dia suka nanya ‘papa sudah mau pulang, sudah pulang?’ Itu sedih banget,” tutur Retno Paradinah sedih.


Zul Zivilia Dibui 18 Tahun, Istri Banting Tulang Jadi Make Up Artist