Anggota Komisi X Ungkap Segudang Permasalahan Pendidikan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Anggota Komisi X Ungkap Segudang Permasalahan Pendidikan


JawaPos.com – Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah mengungkapkan segudang permasalahan di sektor pendidikan Indonesia. Salah satunya adalah soal kepemimpinan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

“Ada sejumlah gudang permasalahan guru selama pandemi. Pertama aspek kepemimpinan, itu dari Kemendikbudristek yaitu Mas Nadiem, kualitas komunikasi yang tidak melibatkan pemangku kepentingan, aspirasi tidak diserap dan tidak dipakai. Mas nadiem, ini (Indonesia) bentuk kebhinekaan dan keragaman,” jelas dia dalam siaran YouTube VOX Populi Institute Indonesia, Senin (7/6).

Aspek kedua adalah aspek pelaksanaan kebijakan. Jadi, karena tidak ada pelibatan serta komunikasi yang baik, maka tidak ada pemahaman yang sejalan dengan visi Kemendikbudristek.

“Akhirnya gagal paham, itu yang menjadi disparitas (ketimpangan) pelaksanaan (pembelajaran) jadi kacau balau,” tutur dia.

Permasalahan selanjutnya adalah terkait dengan tunjangan sertifikasi para pendidik. Hal ini, kata dia perlu diperhatikan penyalurannya, jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan. “Lalu aspek selanjutnya adalah tunjangan sertifikasi, ini harus kita cermati,” terangnya.

Kesejahteraan guru pun saat ini juga menjadi masalah dalam sektor pendidikan dalam negeri. Terkait kesejahteraan ini, Ferdiansyah mengatakan bahwa hal itu tidak harus selalu berbentuk materi, bisa juga dengan fasilitas.

Baca juga: Nadiem Ajak Perguruan Tinggi dan Industri Segera Cari Mitra

“Pendekatan ini tidak 100 persen materi, tapi juga diajak ngobrol dan diberikan peluang untuk keluarganya melanjutkan sekolah kemana. Di UU Guru dan Dosen kan juga memberikan keluarga pendidik untuk melanjutkan ke pendidikan selanjutnya. Ini perlu diperhatikan,” jelas dia.


Anggota Komisi X Ungkap Segudang Permasalahan Pendidikan