Proyek Jalur Kereta Api Makassar-Parepare Akan Beroperasi Tahun 2022

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Proyek Jalur Kereta Api Makassar-Parepare Akan Beroperasi Tahun 2022


JawaPos.com – Proyek pembangunan jalur kereta api Makassar-Parepare dapat beroperasi secara komersial pada 2022 mendatang. Hal ini dilakukan Perusahaan konstruksi dan investasi PT PP (Persero) Tbk melalui entitas asosiasi, yaitu PT Celebes Railway Indonesia (CRI).

Direktur Utama PTPP Novel Arsyad mengatakan, pihaknya pun telah melakukan penandatanganan fasilitas sindikasi pinjaman berjangka senior dan pembiayaan musyarakah mutanaqisah. Dana tersebut akan digunakan penyelenggaraan prasarana perkeretaapian umum Makassar-Parepare yang berlokasi di Provinsi Sulawesi Selatan. Penandatangan tersebut dilakukan dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

“Proyek pembangunan jalur Kereta Api Makassar-Parepare merupakan proyek pembangunan kereta api pertama di Indonesia yang menggunakan skema KPBU dan skema pembayaran ketersediaan layanan,” ujarnya dalam keterangannya, Senin (7/6).

Novel memaparkan, nantinya jalur tersebut akan melayani Provinsi Sulawesi Selatan yang meliputi 5 Kabupaten atau Kota, yaitu Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Kabupaten Barru, Kota Makassar, dan Kota Parepare.

“Nantinya, jalur Kereta Api Makassar–Parepare tersebut akan berperan sebagai sarana transportasi untuk mendukung permintaan angkutan penumpang dan perpindahan barang serta membangun konektivitas nasional,” imbuhnya.

Menurutnya, sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dicanangkan oleh Pemerintah, proyek pembangunan jalur Kereta Api Makassar – Parepare ini diharapkan dapat memberikan dampak langsung maupun tidak langsung pada percepatan pertumbuhan ekonomi nasional dan kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kami yakin dana yang dihimpun dari sindikasi pembiayaan ini akan sangat berguna untuk mempercepat pembangunan proyek jalur Kereta Api Makassar–Parepare beserta infrastruktur pendukungnya. Komitmen perusahaan untuk menyelesaikan program infrastruktur nasional tersebut juga harus dibarengi dengan strategi pendanaan yang konservatif,” pungkasnya.


Proyek Jalur Kereta Api Makassar-Parepare Akan Beroperasi Tahun 2022