Cerita Covid-19 Malaysia kok Pakai Video Taiwan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Cerita Covid-19 Malaysia kok Pakai Video Taiwan


MALAYSIA kembali memberlakukan lockdown nasional akibat terjadinya lonjakan kasus positif Covid-19. Kondisi itu dimanfaatkan para pembuat hoax untuk menebar keresahan. Mereka menyebut bahwa kondisi pandemi di Malaysia mulai menyusul India. Kabar itu bahkan dilengkapi video yang menunjukkan sejumlah pasien Covid-19 dirawat di tepi jalan sekitar rumah sakit. ”Malaysia… menyusul India. Tetap jaga prokes demi kesehatan,” tulis akun Facebook Ely Yanto pada 1 Juni 2021.

Dia juga membagikan ulang video pasien Covid-19 sedang dirawat di luar gedung yang berasal dari unggahan akun Facebook Ngatino Tino (bit.ly/DirawatDiLuar). Video berdurasi 24 detik itu direkam dari dalam mobil yang sedang berjalan.

Tampak para pasien dirawat di luar gedung fasilitas kesehatan tanpa sekat maupun pembatas. Sebagian petugas kesehatan terlihat mengenakan APD lengkap. Bunyi ”bip” terus-menerus terdengar dari arah pasien yang menggunakan alat bantu pernapasan.

Malaysia memang memberlakukan lockdown nasional mulai 1 Juni hingga 14 Juni 2021. Akun Twitter resmi Ministry Of Health Malaysia menyebutkan, per 3 Juni 2021 terdapat penambahan kasus baru mencapai 8.209 kasus. Sementara itu, total kematian mencapai 103 orang. Meski demikian, tidak ada pemberitaan yang mengabarkan bahwa rumah sakit melakukan perawatan pasien hingga di pelataran rumah sakit dan di pinggir jalan.

Saat dilakukan penelusuran, video yang sama banyak ditemukan di situs media sosial Weibo. Akun-akun yang mengunggahnya menyebut video itu direkam di Taiwan. ”Kasus kematian baru terus meningkat dan melebihi seratus. Sumber daya medis juga terbatas, dan tekanan pada staf medis juga terus meningkat. Ditambah lagi ketersediaan tempat tidur menipis,” begitu penggalan narasi yang menyertai video itu. Anda dapat melihatnya di bit.ly/kejadianDiTaiwan

Sementara itu, portal berita asal Taiwan, ftvnews.com.tw, mengulas video yang sama pada 31 Mei 2021. Video tersebut direkam pengendara yang kebetulan melintas di depan Rumah Sakit Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Taipei. Disebutkan bahwa tidak sedikit warga yang mengeluh lantaran fasilitas medis tak mampu lagi menangani lonjakan pasien. Untuk menghindari penularan, pihak rumah sakit berjanji memasang tirai sekaligus untuk menjaga privasi pasien.

Wu Xindai, ketua National Medical Industry Union of Physicians, mengatakan, video serupa terlihat di rumah sakit lain di Taipei. Menurut dia, kondisi tersebut (menunggu di luar ruangan) merupakan salah satu prosedur yang harus dilakukan untuk mengurangi risiko infeksi.

Wu Xindai juga meminta masyarakat memaklumi semakin padatnya unit gawat darurat di Taipei. Orang-orang diminta siap secara psikologis karena layanan unit gawat darurat mungkin tidak secepat dan senyaman sebelumnya. Anda dapat melihatnya di bit.ly/RSTaipe.

Baca Juga: Ini Kriteria Jalur Prestasi Penghafal Kitab Suci PPDB SMP di Surabaya

FAKTA

Video yang dibagikan ulang akun Facebook Ely Yanto menunjukkan kondisi pasien Covid-19 di Taiwan. Bukan di Malaysia.


Cerita Covid-19 Malaysia kok Pakai Video Taiwan