Erick Ungkap Cara PLN Bereskan Utang Tembus Rp 500 Triliun

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Erick Ungkap Cara PLN Bereskan Utang Tembus Rp 500 Triliun


JawaPos.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan, PT PLN (Persero) memiliki utang hingga tembus Rp 500 triliun. Kementerian pun masih berupaya untuk menyehatkan keuangan perusahaan listrik tersebut.

“PLN itu utangnya Rp 500 triliun. Tidak ada jalan kalau PLN itu tidak segera disehatkan,” kata Erick dalam rapat dengan Komisi VI, Kamis (3/6).

Erick memaparkan, adapun langkah yang telah dilakukan untuk menyehatkan PT PLN adalah menekan 50 persen anggaran belanja modal (capital expenditure/capex). “Alhamdulillah PLN bisa menekan capex sampai 50 persen, Rp 24 triliun sehingga itu yang menjadi cashflow-nya lebih baik,” imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga meminta PLN melakukan negosiasi ulang utang PLN yang mencapai Rp 500 triliun tersebut. PLN diminta untuk melakukan negosiasi dengan bunga yang lebih murah.

“Alhamdulillah PLN sendiri sudah sampai negosiasi Rp 30 triliun,” tuturnta.

Bukan hanya itu, pihaknya juga meminta perusahaan untuk melakukan negosiasi pembelian listrik take or pay dengan nilai Rp 60 triliun. Berdasarkan laporan terakhir, Erick bilang yang berhasil dinegosiasi sebesar Rp 25 triliun. Artinya masih tersisa Rp 35 triliun.

“Tetapi tanpa dukungan kementerian lain seperti contoh kompensasi PLN itu, hari ini diketok, baru dibayar 2 tahun lagi itu ada cost-nya. Alhamdulillah sekarang sudah dibayar 6 bulan,” pungkasnya.


Erick Ungkap Cara PLN Bereskan Utang Tembus Rp 500 Triliun