Sumsel Perpanjang PPKM Berskala Mikro Hingga 15 Juni

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Sumsel Perpanjang PPKM Berskala Mikro Hingga 15 Juni


JawaPos.com–Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kembali memperpanjang penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro di wilayah itu. Perpanjangan PPKM mikro itu mulai 1–15 Juni.

Gubernur Sumsel Herman Deru seperti dilansir dari Antara di Palembang mengatakan, keputusan itu lantaran kasus positif Covid-19 di Sumatera Selatan masih tinggi. ”Kami sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk kepolisian dan TNI. Untuk PPKM berskala mikro di Sumsel masih diterapkan,” kata Herman Deru.

Dia menjelaskan, PPKM berskala mikro di Sumsel dinilai sebagai kekuatan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan menekan laju penambahan kasus baru. Gubernur meminta penanganan Covid-19 dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan masyarakat.

”Saya sudah meminta kepada bupati dan wali kota di Sumsel untuk menyusun strateginya agar PPKM itu bisa lebih efektif, jangan mengharapkan dari pemprov saja,” tutur Herman Deru.

”Sosialisasi pencegahan Covid-19, harus melibatkan masyarakat dari tingkat RT dan RW,” tambah Herman Deru.

Kasus positif Covid-19 di Sumatera Selatan periode mingguan mengalami peningkatan 47,55 persen pada dua pekan usai Idul Fitri, dengan periode kemunculan 1.000 kasus yang hanya memerlukan waktu enam hari. Itu terjadi setelah Lebaran.

Anggota tim ahli Covid-19 bidang epidemiologi Iche Andriani Liberty mengatakan, positivity rate juga makin meningkat hingga 32 persen. Kasus positif pada pekan kedua Mei atau saat perayaan Idul Fitri bertambah 737 kasus dari pekan pertama. Kemudian naik sebanyak 745 kasus pada pekan ketiga dan naik sebanyak 1.086 kasus pada pekan keempat.

Akumulasi kasus positif pekan keempat Mei 2021 naik 45,77 persen dibandingkan dengan pekan ketiga. Pekan keempat dibandingkan dengan pekan kedua naik 47,35 persen.

”Peningkatan kasus di Sumsel sudah terjadi sejak pekan kedua April atau sebelum Ramadan dan sempat meningkatkan jumlah daerah berisiko tinggi (zona merah),” terang Iche Andriani Liberty.


Sumsel Perpanjang PPKM Berskala Mikro Hingga 15 Juni