Hadapi Sanksi AS, Xi Jinping Tunjuk Orang Kepercayaan Ahli Teknologi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Hadapi Sanksi AS, Xi Jinping Tunjuk Orang Kepercayaan Ahli Teknologi


JawaPos.com – Presiden Tiongkok Xi Jinping berambisi untuk swasembada teknologi pembuatan chip. Dia menunjuk seorang deputi utama perekonomian untuk mengatasi sanksi AS. Ahli bernama Liu He ditunjuk karena piawai di bidang perdagangan hingga keuangan dan teknologi.

Dia ditunjuk untuk mempelopori pengembangan kemampuan chip generasi ketiga. Dia dipercaya memimpin perumusan serangkaian dukungan keuangan dan kebijakan untuk teknologi.

Liu He dipilih untuk menghadapi industri pembuatan chip AS dan sekutunya. Sanksi yang muncul selama kepresidenan Donald Trump, telah mencekik bisnis smartphone untuk bermigrasi ke teknologi fabrikasi wafer yang lebih maju dan itu mengancam perusahaan Tiongkok.

Baca juga: Warga Tibet Fanatik terhadap Xi Jinping dan Berjanji untuk Setia

“Tiongkok adalah pengguna chip terbesar di dunia, jadi keamanan rantai pasokan menjadi prioritas utama,” kata kepala analis di perusahaan riset ICwise, Gu Wenjun.

‘Tidak mungkin bagi negara mana pun untuk mengendalikan seluruh rantai pasokan, tetapi upaya suatu negara jelas lebih kuat daripada satu perusahaan,” tambahnya.

Baca juga: Intip Masa Kecil Xi Jinping, Biasa Hidup Hemat dan Gemar Main Skating

Pada Mei, Liu mempelopori pertemuan gugus tugas teknologi yang membahas cara untuk menumbuhkan teknologi semikonduktor generasi berikutnya, menurut sebuah pernyataan pemerintah. Dewan Negara dan Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi belum menanggapi permintaan komentar.

Selama negosiasi perdagangan dengan pemerintahan Trump, Liu muncul sebagai salah satu pendukung agenda Tiongkok. Dia mengenal Xi sejak kecil. Keduanya adalah putra dari para pemimpin veteran Partai Komunis dan termasuk anak muda di masanya yang dikirim untuk bekerja di daerah pedesaan yang miskin selama Revolusi Kebudayaan.

Sekarang Liu memimpin tugas untuk mereformasi sektor teknologi. Tugas mengoordinasikan program yang luas itu sekarang jatuh ke tangan Liu, yang harus melacak sumber daya yang relevan dan mendorong strategi nasional untuk membantu Tiongkok mencapai kemandirian chip.

“Untuk negara kami, teknologi dan inovasi bukan hanya masalah pertumbuhan,” kata Liu pada Mei.

Xi mengandalkan anak buahnya untuk membantu Tiongkok menangkis ancaman yang berkembang dari AS. Sebelumnya di bawah pemerintahan Trump, sanksi dijatuhkan pada Tiongkok untuk memutus akses mereka ke teknologi dan peralatan Amerika dalam merancang dan membuat chip canggih.


Hadapi Sanksi AS, Xi Jinping Tunjuk Orang Kepercayaan Ahli Teknologi