NU Siapkan Shelter Pesantren Berkapasitas 1.000 Orang

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

NU Siapkan Shelter Pesantren Berkapasitas 1.000 Orang


JawaPos.com – Kasus Covid-19 di Kudus terus menjadi perhatian karena menularannya yantg cukup masif. Satuan petugas covid-19 NU Peduli Kudus menyiapkan shelter untuk pondok pesantren berdaya tampung 1.000 orang santri. Kini shelter pesantren sudah didirikan di lima kecamatan.

Koordinator Satgas NU Peduli Covid M Sarmanto Hasyim mengatakan, saat ini sudah ada 10 shelter di empat kecamatan. Yakni di Kecamatan Jekulo, Mejobo, Kota, dan Bae. Dalam satu pekan ke depan shelter pesantren akan didirikan di kecamatan yang tersisa. Yakni, Jati, Undaan, Kaliwungu, Gebog dan Dawe.

“Ini langkah kami untuk turut membantu meredakan lonjakan kasus covid. Upaya ini juga mengantisipasi adanya klaster pesantren,” jelas Sarmanto kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Sejumlah pondok pesantren, kata dia, berupaya mandiri untuk membantu pemerintah yang kewalahan dengan fasilitias dan tenaga kesehatan (nakes) yang terbatas

Pihaknya sudah menyiapkan semua prasarana baik tempat tidur, gedung, peralatan kesehatan hingga logistik. Semua dari anggaran pondok pesantren.

Sementara itu, Sekretaris Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) NU Kudus Khifni Nasif menambahkan pihaknya akan melakukan swab test menggandeng puskesmas terhadap para santri di Kudus. Bila ada yang positif akan kami tampung di shelter.

“Tentunya yang positif dengan gejala ringan. Sedangkan yang positif gejala sedang dan tinggi akan dirujuk ke rumah sakit,” kata pria yang akrab disapa Gus Khifni.

Gus Khifni menambahkan, model pembelajaran santri akan dilakukan secara virtual. Karena, yang sehat dengan yang positif ditempatkan di lokasi terpisah.


NU Siapkan Shelter Pesantren Berkapasitas 1.000 Orang