Pemerintah Diminta Prioritaskan Lansia Disuntik Vaksin Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pemerintah Diminta Prioritaskan Lansia Disuntik Vaksin Covid-19


JawaPos.com – Kelompok lanjut usia atau lansia harus menjadi prioritas pemerintah untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan lansia rentan terhadap penularan. Hal ini terlihat dari meningkatnya kasus Covid-19 pada lansia pasca libur lebaran.

“Kelompok rentan seperti lansia harus mendapat perhatian khusus dalam vaksinasi Covid-19,” ujar Lestari kepada wartawan, Senin (7/5).

Menurut Lestari, cenderung meningkatnya kasus positif Covid-19 pada lansia bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Antara lain, belum terbentuknya kesadaran menjalankan protokol kesehatan di lingkungan masing-masing, dampak terjadinya pergerakan orang antarwilayah pada periode Lebaran, atau karena mulai gencarnya test Covid-19 di sejumlah daerah sehingga banyak kasus positif Covid-19 terungkap.

Baca Juga: Pakar: Gejala Long Covid Dipicu juga Kondisi Psikologis Pasien

Karena itu, tambah Rerie, sapaan akrab Lestari, di samping upaya peningkatkan disiplin menjalankan protokol kesehatan 5M, seperti mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan, para pemangku kepentingan harus segera melakukan jemput bola. Yakni untuk mempercepat kelompok lansia mendapatkan vaksinasi Covid-19.

“Dengan sudah divaksin, Rerie berharap, jumlah lansia yang terlindungi dari ancaman Covid-19 semakin banyak,” katanya.

Data dari laman www.vaksin.kemkes.go.id, pada Rabu (2/6), tercatat dari 21,55 juta lansia sasaran vaksinasi, baru 3,38 juta oramg yang telah divaksinasi dosis pertama dan 2,22 juta lansia disuntik vaksin Covid-19 dosis kedua.

Strategi jemput bola para lansia dengan mendatangi rumah atau mengantarkan mereka ke tempat-tempat vaksinasi Covid-19 bisa mempercepat capaian vaksinasi Covid-19 secara nasional. Target itu, ujar Rerie, baru bisa dicapai bila 181,5 juta penduduk Indonesia selesai divaksinasi Covid-19. Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan, kecepatan vaksinasi Covid-19 secara nasional pada bulan ini mencapai 500 ribu vaksin per hari.

Rerie juga berharap, para pemangku kepentingan di pusat dan daerah berkolaborasi menerapkan berbagai strategi untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 nasional mencapai target. Di sisi lain, ia meminta masyarakat untuk terus meningkatkan kesadaran disiplin menjalankan prokes guna menekan potensi penularan kembali akibat terpapar virus corona varian baru.

“Sosialisasi masif terkait vaksinasi Covid-19 dan disiplin prokes harus dilakukan konsisten di setiap lapisan masyarakat, agar upaya pengendalian Covid-19 berjalan lancar,” pungkasnya.


Pemerintah Diminta Prioritaskan Lansia Disuntik Vaksin Covid-19