Sandiaga Uno: Anugerah Desa Wisata Bisa Dongkrak Ekonomi Nasional

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Sandiaga Uno: Anugerah Desa Wisata Bisa Dongkrak Ekonomi Nasional


JawaPos.com – Program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang digagas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, diyakini menjadi momentum untuk mendongkrak ekonomi kerakyatan secara nasional.

Hal itu seperti disampaikan Sandiaga Uno saat berkunjung di Desa Wisata Cibuntu, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Ia mengatakan, ADWI menjadi simbol kebangkitan ekonomi nasional, khususnya di sektor pariwisata.

“Melalui Anugerah Desa Wisata ini semoga bisa membantu masyarakat yang membutuhkan, khususnya di lapisan terbawah. Karena Anugerah Desa Wisata ini merupakan kebijakan yang berkeadilan,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com.

Dalam kunjungan itu, Sandiaga mengapresiasi home stay yang ada di Desa Wisata Cibuntu karena meraih penghargaan tingkat ASEAN.

“Kita tadi melihat untuk kategori home stay, yaitu home stay Teratai 3 yang dikelola oleh Ibu Narjo. Itu memenangkan penghargaan di level ASEAN,” sebutnya.

Baca Juga: Ada Pelecehan, Hotman Laporkan Tim Asesmen TWK KPK ke Komnas Perempuan

Baca Juga: Joe Biden Tegaskan Dukungan ke Israel, Muslim AS Boikot Gedung Putih

Oleh sebab itu, lanjutnya, ajang ADWI merupakan uji coba bagi para penyelenggara dan pengelola desa wisata untuk berkompetisi di beberapa kategori utama. Misalnya kategori CHSE (Cleanliness Health Safety Environment), Souvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan), Konten Kreatif, Home Stay, Toilet, hingga Desa Digital.

Melalui digitalisasi, kata Sandiaga, promosi desa wisata bisa lebih gencar dilakukan sehingga bisa menjangkau wisatawan lebih luas. Dengan begitu, jumlah kunjungan akan meningkat dan ekonomi desa berputar.

“Kita tidak mungkin bisa bercerita untuk ke generasi milenial, kalau kita tidak membuat konten-konten yang mengajak mereka mengapresiasi desa-desa yang ada di sekitar kita. Sehingga ini menjadi simbol kebangkitan ekonomi nasional,” kata Sandiaga.


Sandiaga Uno: Anugerah Desa Wisata Bisa Dongkrak Ekonomi Nasional