Serapan Anggaran Baru 27,26 Persen, ini Penjelasan Suharso Monoarfa

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Serapan Anggaran Baru 27,26 Persen, ini Penjelasan Suharso Monoarfa


JawaPos.com – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas mencatat realisasi anggaran 2021 hingga awal Juni sebesar Rp 379,7 miliar atau 27,26 persen dari pagu anggaran yang sebesar Rp 1,39 triliun. “Progres penyerapan anggaran hari ini telah mencapai 27,26 persen,” kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam rapat Komisi XI DPR di Jakarta, Rabu (9/6).

Suharso menjelaskan, rendahnya penyerapan anggaran disebabkan terdapat sejumlah program yang dilaksanakan pada Mei 2021 belum dipertanggungjawabkan. Contohnya, penyelenggaraan rangkaian kegiatan Musrenbang, kunjungan kerja ke beberapa daerah, dan beberapa kegiatan masih dalam proses lelang.

“Seperti antara lain penyusunan rencana aksi klaster ekonomi superhub IKN,” tuturnya.

Suharso melanjutkan, pihaknya juga masih melakukan lelang kajian model dinamis perencanaan untuk mendukung infrastruktur prioritas nasional, pengadaan vitamin, serta pengadaan laptop untuk mendukung penerapan integrated digital workspace.

Suharso menambahkan, kementeriannya pun telah menyusun program yang akan dilaksanakan pada tahun depan. Diantaranya, program teknis berupa program perencanaan pembangunan nasional dan program generik berupa program dukungan manajemen.

Sementara, program perencanaan pembangunan nasional, kegiatan utama yang dilakukan adalah penyusunan rencana kerja pemerintah (RKP) 2023, rencana pemindahan IKN, koordinasi pelaksanaan satu data, penyusunan rencana pembangunan jangka panjang nasional (RPJPN) 2025-2045, serta termasuk penyiapan batang tubuh RUU RPJPN 2025-2045.

“Kegiatan lainnya yang juga akan dilakukan yaitu pengembangan pola pendanaan inovatif pengelolaan geopark, serta kajian pelaksanaan peta jalan transformasi ekonomi Indonesia,” pungkasnya.


Serapan Anggaran Baru 27,26 Persen, ini Penjelasan Suharso Monoarfa