Terkait Asal Usul Covid-19, Tiongkok Curiga Justru Berasal dari AS

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Terkait Asal Usul Covid-19, Tiongkok Curiga Justru Berasal dari AS


JawaPos.com – Seorang ahli epidemiologi senior Tiongkok menuding balik Amerika Serikat. Menurutnya AS justru harus menjadi prioritas dalam fase penyelidikan berikutnya tentang asal usul Covid-19.

Studi yang diterbitkan pada minggu ini oleh Institut Kesehatan Nasional AS (NIH), menunjukkan bahwa setidaknya 7 orang di lima negara bagian AS terinfeksi SARS-CoV-2 beberapa minggu sebelum negara itu melaporkan penyebaran kasus resmi pertama. Sebuah studi bersama oleh Tiongkok dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang diterbitkan pada Maret mengatakan virus itu kemungkinan besar berasal dari perdagangan satwa liar negara itu, dengan virus masuk ke manusia dari kelelawar melalui spesies perantara.

Tiongkok telah membuat teori bahwa Covid-19 masuk ke negara itu dari luar negeri melalui makanan beku yang terkontaminasi. Sementara sejumlah politisi asing juga menyerukan penyelidikan lebih lanjut tentang kemungkinan bocornya dari laboratorium.

Kepala ahli epidemiologi di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok Zeng Guang, mengatakan kepada tabloid milik negara Global Times bahwa perhatian justru harus dialihkan ke AS, yang lambat untuk menguji orang pada tahap awal wabah. Di AS juga banyak laboratorium biologi.

“Semua mata pelajaran terkait senjata biologis yang dimiliki negara harus diawasi,” katanya.

Mengomentari studi AS pada Rabu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Zhao Lijian mengatakan sekarang jelas wabah Covid-19 memiliki banyak asal. Dan bahwa negara-negara lain harus bekerja sama dengan WHO.

Asal usul pandemi telah menjadi sumber ketegangan politik antara Tiongkok dan Amerika Serikat. Sejumlah peneliti juga menyoroti kemungkinan kebocoran lab dari Institut Virologi Wuhan (WIV), yang terletak di Wuhan tempat wabah pertama kali diidentifikasi pada akhir 2019.


Terkait Asal Usul Covid-19, Tiongkok Curiga Justru Berasal dari AS