Universitas Pertamina Buka Beasiswa Milenial Juara Senilai Rp 1,5 M

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Universitas Pertamina Buka Beasiswa Milenial Juara Senilai Rp 1,5 M


JawaPos.com – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi di Indonesia pada 2020 baru mencapai 30,85. Artinya dari total penduduk usia 19-23 tahun di Indonesia, yang melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi hanya sekitar 30 persen. Ini masih tertinggal dibanding Malaysia yang mencapai 50 persen.

Terkait hal itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina (UP), Budi W Soetjipto pun mengungkapkan salah satu penyebabnya, yakni para lulusan SMA/sederajat tersandung biaya untuk melanjutkan kuliah. Padahal tak sedikit diantara mereka adalah siswa-siswi berprestasi.

Oleh karena itu, guna mendorong siswa-siswi SMA/sederajat berprestasi untuk melanjutkan pendidikan tinggi, pihaknya menyediakan Beasiswa Milenial Juara. Beasiswa ini memberikan pembebasan 100 persen uang gedung dan uang SPP selama masa pendidikan delapan semester.

“Para penerima beasiswa juga akan memperoleh uang saku bulanan, penggantian transport ke Jakarta dan biaya premi asuransi kecelakaan,” jelas dia dalam keterangannya, Selasa (8/6).

Total nilai dari beasiswa yang diberikan adalah sebesar Rp 1,59 miliar, di mana untuk mendapatkannya adalah melalui skema jalur seleksi non tes. Tidak ada batasan level kejuaraan dan bidang kompetisi yang pernah dimenangkan.

Beasiswa Milenial Juara, hanya salah satu dari sekian beasiswa lain untuk menggelorakan prestasi mahasiswa. “Mahasiswa UP berprestasi di bidang ko-kurikuler maupun ekstrakurikuler, juga berkesempatan memperoleh Beasiswa Unggulan Semester atau BUS. Yaitu beasiswa keringanan biaya SPP. Setiap tahunnya, kami siapkan Rp 900 juta untuk beasiswa ini” sambung Budi.

Mahasiswa Program Studi Teknik Geologi Tunggul Mirza, membagikan pengalamannya menikmati beasiswa dari UP. Dia mendapatkan BUS karena keaktifannya dalam kegiatan ekstrakurikuler, organisasi kampus, dan capaian saya di berbagai kejuaraan.

“Sehingga memacu saya mengukir prestasi lain. Sampai saat ini setidaknya delapan prestasi sudah saya torehkan, baik di kancah nasional maupun internasional. Sehingga empat semester berturut-turut saya menikmati BUS,” kata Tunggul.

Selain Beasiswa Milenial Juara dan Beasiswa Unggulan Semester (BUS), UP juga menyediakan 13 jenis beasiswa lain untuk mahasiswa baru dan mahasiswa yang sudah berkuliah di UP. Saat ini, kampus milik PT Pertamina (Persero) tersebut tengah membuka Pendaftaran untuk Seleksi Nilai Rapor dan Ujian Masuk Online.

Para pendaftar di kedua jalur masuk memiliki kesempatan untuk memperoleh keringanan biaya melalui Beasiswa Milenial Juara dan Beasiswa Ujung Negeri. Informasi lengkap terkait pendaftaran, dapat diakses melalui laman https://universitaspertamina.ac.id/pendaftaran. Informasi beasiswa dapat diakses di laman https://universitaspertamina.ac.id/beasiswa/.


Universitas Pertamina Buka Beasiswa Milenial Juara Senilai Rp 1,5 M