Bawa Tema Kebudayaan, Google Rayakan HUT ke-76 RI Lewat Coretan Doodle

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Bawa Tema Kebudayaan, Google Rayakan HUT ke-76 RI Lewat Coretan Doodle


JawaPos.com – Pada Selasa (17/8) Republik Indonesia (RI) menginjak usia Kemerdekaan ke-76. Memeriahkan hari-hari besar dan penting lainnya, Google seperti biasa turut memeriahkan dengan hadirnya coretan doodle di tampilan muka situs pencarian mereka.

Memperingati HUT ke-76 RI tahun ini, Google lewat coretan doodlenya mengangkat tema kebudayaan. Google doodle tahun ini juga tampak berbeda dan lebih meriah jika dibandingkan dengan coretan doodle tahun sebelumnya.

Seperti bisa dilihat pada gambar, ketika membuka laman Google, langsung tampak coretan doodle dimaksud. Ada gambaran penari, alat musik, pemain musik dan tak lupa kesenian khas budaya tanah air yang melekat.

Dari arah kiri gambar misalnya, ada alat musik Sasando yang digambarkan Google pada doodle Kemerdekaan tahun ini. Sasando adalah sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara dipetik dan berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Geser ke gambar selanjutnya, tampak seseorang dalam doodle sedang memainkan alat musik tabuh lengkap dengan pakaian adatnya. Geser lagi, ada simbol kesenian daerah berupa barong yang mungkin adalah Reog Ponorogo yang berasal dari Jawa Timur atau bisa juga kesenian barongan yang bisa berasal dari Bali dan beberapa daerah lainnya di tanah air yang memiliki ke-khasan masing-masing.

Masih ada gambar lainnya pada doodle Kemerdekaan kali ini, ada juga penari wanita yang sedang menari memegang kipas, alat musik dari Maluku yakni Tifa Totobuang dan seorang pria lagi yang tampak sedang memainkan alat musik Jukulele.

Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, dalam coretan doodlenya, Google tak lupa membawa kampanye untuk melindungi diri dari virus. Kesemua coretan orang di doodle Kemerdekaan kali ini tampak dipakaikan masker yang sesuai dengam protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Seperti sudah disinggung di atas, bukan kali pertama Google membuat tema serupa merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-76. Google kerap membuat ilustrasi serupa di hari-hari atau perayaan besar yang diperingati masyarakat atau pengguna mereka di berbagai belahan dunia.

Seperti biasa, ketika gambar tersebut diklik, Google juga akan langsung membawa kamu kepada artikel terkait yang sedang hangat menjadi perbincangan, yakni seputar HUT Kemerdekaan RI ke-76.
Area lampiran


Bawa Tema Kebudayaan, Google Rayakan HUT ke-76 RI Lewat Coretan Doodle