Hanya 55 Ribu Pendaftar CPNS dan PPPK Jatim yang Memenuhi Syarat

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Hanya 55 Ribu Pendaftar CPNS dan PPPK Jatim yang Memenuhi Syarat


JawaPos.com–Dari 62.430 pendaftar CPNS maupun PPPK Jatim, hanya 55.686 yang memenuhi syarat. Hal itu diketahui setelah berakhirnya masa pendaftaran.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim sudah melakukan verifikasi administrasi. Sebanyak 6.744 pelamar masuk kategori TMS alias tidak memenuhi syarat.

Angka 62.430 merupakan total pelamar. Jumlah itu terbagi untuk kategori pelamar CPNS dan PPPK. Rinciannya, pelamar CPNS mencapai 33.208 pelamar. Yang memenuhi syarat hanya 27.493 pelamar. Sisanya, yakni 5.715 masuk kategori TMS. Mereka yang lolos akan memperebutkan 1.408 formasi.

Pelamar PPPK juga terbagi. Pelamar PPPK non guru mencapai 2.034 orang. Yang memenuhi syarat hanya 1.024 orang. Mereka akan memperebutkan 868 formasi. Lalu PPPK guru, diikuti 27.188 pelamar. Dari jumlah tersebut yang TMS hanya 19 orang. Sisanya, yakni 27.169 orang dinyatakan lolos atau memenuhi syarat.

Kepala BKD Jawa Timur Indah Wahyuni mengatakan, hasil seleksi administrasi diumumkan kemarin (2/8). Pelamar bisa melihat pada laman milik BKN.

Mereka yang namanya muncul, diminta menyiapkan diri. ”Tahap selanjutnya adalah seleksi kompetensi dasar (SKD),” terang Indah Wahyuni.

Indah Wahyuni mengatakan, belum mengetahui pelaksanaan SKD tersebut. Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan memberi pengumuman lanjutan.

Sambil menunggu, kepala BKD Jatim mempersilakan pelamar melakukan simulasi CAT. ”Simulasinya berada di laman cat.bkn.go.id,’’ tutur Indah Wahyuni.

Pada awal pengumuman CPNS dan PPPK, ada ketentuan baru terkait SKD. Dulu, pelamar harus menjalani SKD di tempat yang dipilih. Misalnya, warga Kalimantan melamar di Jawa Timur, SKD harus di Jawa Timur. Kali ini, pelaksanaan SKD bisa di lokasi atau domisili pelamar. Warga di luar Jawa Timur menjalani SKD di daerahnya.

Selain itu, jumlah peserta tes juga dibagi beberapa sesi. Kebijakan itu untuk mengantisipasi kerumunan. BKD Jawa Timur juga belum memastikan rencana lokasi SKD. Bila merunut CPNS 2019, SKD dilaksanakan di Universitas Negeri Surabaya.

Indah Wahyuni menambahkan, pelamar yang tidak puas dan predikat TMS bisa melakukan sanggahan ke BKD Jawa Timur. ”Masa sanggahan dibukan hingga Jumat (6/8). Jawaban atas sanggahan akan diumumkan paling lambat 13 Agustus,” ucap Indah Wahyuni.

 

Berikut data lowongan CPNS dan PPPK

– Total lowongan

CPNS                     : 1.408 lowongan

PPPK non guru       : 868 lowongan

PPPK guru              : 11.220 lowongan

 

– Pelamar

CPNS                     : 33.208 pelamar

PPPK non guru       : 2.034 pelamar

PPPK guru              : 27.188 pelamar

 

– Lolos verifikasi

CPNS                     : 27.493 pelamar

PPPK non guru       : 1.024 pelamar

PPPK guru              : 27.169 pelamar


Hanya 55 Ribu Pendaftar CPNS dan PPPK Jatim yang Memenuhi Syarat