Pendidikan Vokasi Bisa Jadi Peluang Sekaligus Solusi Soal Pengangguran

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pendidikan Vokasi Bisa Jadi Peluang Sekaligus Solusi Soal Pengangguran


JawaPos.com – Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar menilai pendidikan vokasi dapat menjadi solusi dalam mengatasi masalah penyerapan tenaga kerja generasi muda Indonesia. Selaras memenuhi kebutuhan industri, pendidikan vokasi pun dapat membuka lapangan kerja untuk generasi muda melalui kewirausahaan.

Sebab, kurikulum pendidikan vokasi mengarahkan pelajarnya untuk memiliki keterampilan dan terjun ke sektor formal dan non-formal. Hal ini diyakini dapat menjadi percepatan pertumbuhan ekonomi.

“Mereka didesain menjadi entrepreneur. Makanya di sekolah vokasi dibikin pusat inkubasi bisnis,” tutur dia dalam keterangannya, Selasa (17/8).

Ia menyebut, terdapat tiga tantangan yang harus dihadapi oleh pendidikan vokasi di Indonesia untuk menjadikan insan vokasi bernilai jual tinggi. Tantangan pertama adalah demand driven, yaitu menyesuaikan pendidikan vokasi dengan kebutuhan industri.

“Padahal pendidikan vokasi Indonesia dinilai mampu menjawab tantangan demand driven secara baik,” kata dia.

Tantangan kedua adalah meningkatkan pendidikan vokasi yang kontekstual. Pendidikan vokasi harus disesuaikan dengan konteks potensi lokal. “Misalnya di Labuan Bajo, berarti pendidikan vokasi harus berbasis wisata. Kalau di Sei, Sulawesi Tenggara, maka pendidikannya harus berbasis kelautan,” ujar Billy.

Tantangan yang ketiga adalah revitalisasi kapasitas guru dan fasilitas sekolah untuk memampukan insan-insan vokasi menjadi wirausahawan. Hal ini bisa menjawab kemungkinan lulusan pendidikan vokasi tidak bisa diserap oleh lapangan kerja sektor formal dan non-formal.


Pendidikan Vokasi Bisa Jadi Peluang Sekaligus Solusi Soal Pengangguran