Tim ULM Sebut Pandemi Terkendali Ketika Kasus Turun Saat Testing Masif

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Tim ULM Sebut Pandemi Terkendali Ketika Kasus Turun Saat Testing Masif


JawaPos.com–Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk Percepatan Penanganan Covid-19 menyatakan, pandemi bisa dikatakan terkendali ketika penurunan kasus terjadi justru saat testing Covid-19 makin masif.

”Kita berharap testing digencarkan dan tingkat positivitas turun hingga 5 persen ke bawah,” kata Anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk Percepatan Penanganan Covid-19 Hidayatullah Muttaqin seperti dilansir dari Antara di Banjarmasin.

Melalui testing yang masif dan tracing dengan rasio kontak erat ideal satu berbanding 30, kata Hidayatullah Muttaqin, dapat mendeteksi penduduk yang terinfeksi secepat-cepatnya dan sebanyak-banyaknya. Sehingga mata rantai penularan dapat diputus melalui isolasi dan perawatan di rumah sakit.

”Jangan sampai terulang penyakit penurunan semu, yaitu turunnya kasus konfirmasi akibat turunnya jumlah testing PCR,” beber Hidayatullah Muttaqin.

Menurut dia, pencapaian testing dan tracing yang tinggi akan mempercepat proses pelonggaran ekonomi. Kebijakan pembukaan ekonomi juga hendaknya mempertimbangkan capaian populasi yang sudah divaksinasi dua dosis.

”Makin cepat suatu daerah mencapai target vaksinasi makin terbuka pula kemungkinan pembukaan ekonomi dan kegiatan masyarakat lainnya,” tutur Hidayatullah Muttaqin.

Namun begitu, dia mengingatkan, pelonggaran ekonomi hendaknya dilakukan bukan berdasar pada kepentingan ekonomi sesaat. Melainkan berbasis pada situasi epidemiologi yang analisis big data-nya sudah disiapkan kementerian kesehatan.

Dia menambahkan, makin cepat pandemi terkendali, makin cepat pula pemulihan ekonomi. Sebaliknya pelonggaran pada saat insiden kasus Covid-19 dan tingkat penularan tinggi hanya akan memperpanjang umur pandemi dan menambah ketidakpastian ekonomi.

”Relaksasi ekonomi memang berhasil mengangkat pertumbuhan produk domestik bruto pada triwulan kedua sebesar 7 persen. Tetapi pelonggaran pada saat pandemi belum terkendali justru menimbulkan gelombang kasus yang menelan lebih banyak korban manusia,” terang Hidayatullah Muttaqin.


Tim ULM Sebut Pandemi Terkendali Ketika Kasus Turun Saat Testing Masif