June 12, 2020 at 07:08AM - IBL Siapkan Protokol Latihan Klub, Kans Turnamen Bergulir September -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

IBL Siapkan Protokol Latihan Klub, Kans Turnamen Bergulir September

JawaPos.com – Manajemen Indonesian Basketball Leagues (IBL) secara internal sudah menyelesaikan dokumen protokol kesehatan untuk latihan bagi setiap klub. Ada kans IBL kembali digelar pada September.

Direktur IBL Junas Miradiarsyah menuturkan, dokumen protokol kesehatan yang dibuat sudah dikirim ke Perbasi selaku induk olahraga basket tanah air. Karena itu, sebelum disetujui Perbasi dan pemerintah, pihaknya belum bisa meneruskan ke klub.

’’Sebab, harus sejalan dengan arahan pemerintah dan federasi. Harapannya, bulan ini bisa disosialisasikan,’’ katanya kepada Jawa Pos.

Selain protokol kesehatan, pihaknya terus memantau lapangan yang bisa digunakan. ’’Karena beberapa daerah baru mulai relaksasi, tapi ada juga yang masih menerapkan PSBB,’’ katanya.

Wakil Ketua Umum PP Perbasi George F. Dendeng menambahkan, pihaknya juga masih menunggu protokol yang dibuat Kemenpora untuk olahraga. ’’Setelah keluar dari pemerintah, baru kami keluarkan protokol kami sendiri,’’ ujarnya.

George melanjutkan, setelah protokol internal yang dibuat keluar, barulah pihaknya menentukan apakah IBL bisa dilanjutkan atau tidak. ’’Karena kondisi sekarang juga kan belum stabil,’’ paparnya.

Sejauh ini, orang yang terpapar Covid-19 terus bertambah setiap hari. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menuturkan, protokol kesehatan di era kenormalan baru terbit pekan depan.

Protokol yang ditetapkan nanti dikoordinasikan dengan pihak terkait seperti Kementerian Kesehatan, gugus tugas, dan Kemenko PMK. Hal tersebut dimaksudkan agar apa yang dibuat itu bisa sinkron sebelum dibagikan ke cabang olahraga, KONI, KOI, dan FORMI.

Sementara itu, pebasket Pacific Caesar Surabaya Yerikho Tuasela berharap protokol yang ditetapkan sesuai dengan pemain. Dia memandang agak ribet kalau ke mana-mana harus menggunakan masker dengan kondisi kenormalan baru ini.

’’Tapi, di sisi lain tidak masalah sih. Jadi, dari diri sendiri pun punya kebiasaan baru yang lebih bersih,’’ ujarnya.

Yerikho melanjutkan, berdasar info yang didapat, ada kans IBL digelar tanpa penonton. Hal itu disebut cukup aneh. ’’Itu sama saja latihan scrimmage game gitu,’’ ucap pebasket berusia 25 tahun tersebut.

IBL Siapkan Protokol Latihan Klub, Kans Turnamen Bergulir September