June 12, 2020 at 09:09AM - Setelah Dua Bulan Ditutup, Makam Sunan Giri Siap Buka Lagi -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Setelah Dua Bulan Ditutup, Makam Sunan Giri Siap Buka Lagi

JawaPos.com – Berakhirnya penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) membuat pengelola tempat-tempat wisata siap-siap kembali beroperasi. Kawasan wisata religi makam Sunan Giri misalnya. Setelah dua bulan ditutup, tempat ziarah itu segera dibuka untuk para pengunjung.

Dari pantauan Jawa Pos Rabu (10/6), pintu masuk bawah hingga akses parkir masih tutup. Ada tulisan yang membentang menutupi akses tangga naik ke kompleks makam. Untuk pintu samping, sudah tidak ada banner penutupan. Namun, para peziarah tidak diperbolehkan masuk makam. Pintu masuk ke makam dikunci.

Kemarin sudah terlihat beberapa wastafel portabel di jalur pengunjung. Rencananya, jumlah pengunjung dibatasi. Selain itu, masuk area makam wajib bermasker, cek suhu tubuh, hingga alas kaki wajib dibungkus kresek dan dibawa sendiri. Waktu ziarah pun dibatasi hanya 15 menit.

Sementara itu, Ketua PC Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (PC RMI-NU) Gresik H Alaudin berharap skema new normal di lingkungan pesantren mendapat dukungan pemerintah dan para stakeholder. Dari hasil pembahasan, ada beberapa usulan penting yang diajukan. Di antaranya, kesehatan santri harus dipastikan. Saat penyambutan santri di pondok pesantren setelah belajar di rumah, puskesmas setempat harus memfasilitasi.

Selain itu, pemerintah mempermudah akses untuk mendapatkan surat izin keluar masuk (SIKM) bagi para santri. Ketersediaan pangan untuk para santri di pesantren juga harus dijamin. ’’Pemerintah ikut memfasilitasi ketersediaan sembako,’’ kata Alaudin.

Saksikan video menarik berikut ini:

Setelah Dua Bulan Ditutup, Makam Sunan Giri Siap Buka Lagi