June 14, 2020 at 07:33AM - Tes Cepat Hari Ke-16 di Surabaya, BIN Temukan Hasil 228 Reaktif -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Tes Cepat Hari Ke-16 di Surabaya, BIN Temukan Hasil 228 Reaktif

JawaPos.com–Badan Intelijen Negara (BIN) menemukan setidaknya 228 orang reaktif Covid-19 dari hasil tes cepat (rapid test) masal di Surabaya, Jawa Timur, pada hari ke-16.

Head of Medical Intelligence Dokter Sri Wulandari menjelaskan, pelaksanaan rapid test masal secara maraton pada hari ke-16, Sabtu (13/6), digelar di dua titik di kota Surabaya. Yakni di halaman Gelanggang Remaja dan di Jalan Raya Utama Tembok Dukuh yang masuk dalam zona merah.

Di lokasi pertama, kata dia, sebanyak 831 orang menjadi peserta tes cepat dan 115 orang menunjukkan hasil reaktif Covid-19. ”Dari 115 yang reaktif itu dilanjut mengikuti swab  ditambah 29 orang rujukan puskesmas. Jadi total ada 144 orang yang ikut tes swab,” kata Sri seperti dilansir dari Antara.

Sedangkan di Jalan Raya Utama Tembok Dukuh, sebanyak 935 warga Surabaya menjadi peserta tes cepat dan 113 orang di antaranya menunjukkan hasil reaktif. Di lokasi itu, yang ikut swab 118 orang. Yakni 113 orang dari hasil rapid test yang menunjukkan reaktif dan lima orang langsung ikut swab berdasar rujukan dari puskesmas.

Dia menjelaskan, BIN masih akan melanjutkan rangkaian tes cepat masal secara maraton di Kota Surabaya sampai 15 Juni. Kegiatan tes cepat masal tersebut didukung tenaga medis, analis laboratorium, dan tenaga pendukung sebanyak 40 orang dari Jakarta dan dibantu 20 anggota BIN Jatim.

”Satgas lawan Covid-19 BIN membawa langsung mobil laboratorium Covid-19, ambulans, dan peralatan pendukung lain ke Kota Surabaya dan sekitarnya,” ujar Sri.

Dalam tes cepat tersebut, lanjut dia, BIN menyiapkan 1.000–3.000 alat rapid test beserta mobil lab untuk test polymerase chain reaction (PCR) atau swab test setiap hari. ”Swab test diperuntukkan bagi warga yang reaktif Covid-19. Mobil lab dari BIN itu dapat mengambil 300 sampel per hari, dengan hasil swab test yang bisa diketahui hanya dalam 2,5 jam,” terang Sri.

Selain menggelar rapid test, dia menambahkan, BIN juga turut memberikan bantuan ribuan alat-alat kesehatan, seperti mobile lab PCR test, APD lengkap buat tenaga medis di Surabaya.

Sementara itu, Sekretaris PWNU Jatim M. Hasan Ubaidillah mengapresiasi langkah BIN bersama Unair yang berhasil menemukan kandidat obat Covid-19 sehingga menjadi angin segar untuk menyembuhkan pasien korona. ”Kami mengapresiasi telah ditemukan formulasi yang efektif untuk mencegah atau mengobati Covid-19 ini yang ditemukan oleh BIN bekerja sama dengan Departemen Penyakit Tropik di Unair,” kata M. Hasan Ubaidillah.

Kombinasi obat tersebut diharapkan dapat dijadikan standar pemberian obat bagi pasien Covid-19, terutama di rumah sakit rujukan pemerintah dan juga rumah sakit lain. Ubaidillah berharap kandidat obat untuk pasien Covid-19 bisa segera diproduksi secara masal, sehingga rumah sakit yang menangani pasien Covid-19 bisa menggunakan kandidat obat tersebut.

Selain mengapresiasi penemuan kandidat obat untuk pasien Covid-19, PWNU Jatim juga mengapresiasi pelaksanaan tes cepat masal di Surabaya secara maraton yang sudah dilakukan BIN sejak 29 Mei dan direncanakan selesai pada 15 Juni. ”Atas nama Pengurus Wilayah NU Provinsi Jatim, kami sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan BIN. Dari konfirmasi dan diskusi yang barusan kita lakukan hampir 20 ribu yang sudah di-rapid dan swab. Ini sungguh angka yang luar biasa dan sangat membantu masyarakat dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Ubaidillah.

Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jatim Nadjib Hamid juga mengapresiasi tes cepat yang diselenggarakan BIN. Sebab, bermanfaat untuk warga Jawa Timur, khususnya Surabaya. Tes cepat sebagai upaya pencegahan yang baik, serta bisa menyadarkan masyarakat untuk peka bahwa ancaman Covid-19 masih nyata.

”Saya menyaksikan sendiri di beberapa tempat bahwa kegiatan BIN ini memperoleh apresiasi luar biasa dari masyarakat. Atas nama Muhammadiyah, kami mengucapkan terima kasih karena dengan kegiatan ini sangat banyak masyarakat yang terbantu dan mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh BIN benar-benar bermanfaat dan menyadarkan masyarakat bahwa Covid-19 ini memang ada,” ujar Nadjib Hamid.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Tes Cepat Hari Ke-16 di Surabaya, BIN Temukan Hasil 228 Reaktif