June 15, 2020 at 09:25AM - Protelindo Gandeng ITS Donasikan Robot RAISA ke RS di Jatim -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Protelindo Gandeng ITS Donasikan Robot RAISA ke RS di Jatim

JawaPos.com – Untuk mengatasi percepatan penanganan pandemi Covid-19, seluruh lapisan masyarakat harus saling bergotong-royong. Hal tersebut, salah satunya dilakukan oleh PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo).

Program Protelindo Berbagi kali ini hadir dengan memberikan donasi di Jawa Timur, mengingat wilayah tersebut saat ini masih menjadi epicentrum Covid-19 dan juga adanya tenaga medis yang terpapar virus saat menangani pasien. Dengan begitu, Protelindo pun berinisiatif mendonasikan 3 buah Robot RAISA (Robot Medical Assistant ITS Airlangga) kepada RS Dr Soetomo Surabaya dan RS Saiful Anwar, Malang.

Robot Pelayan Pasien Covid-19 yang bisa melakukan komunikasi dua arah sehingga dapat menanyakan keluhan pasien dan juga bisa mengambil suhu temperatur. Robot ini dioperasikan oleh operator dan dilengkapi dengan sensor, sehingga bisa berjalan sesuai arah yang ditentukan.

“Kami terus berkomitmen untuk dapat berperan serta membantu pemerintah dan masyarakat dalam menanggulangi Covid-19. Dalam kesempatan ini kami sangat bersyukur dapat berkolaborasi dengan teman-temen dari ITS untuk memberikan bantuan berupa Robot dan APD untuk membantu para petugas medis di Rumah Sakit,” ujar Direktur Protelindo Indra Gunawan melalui keterangan resmi, Senin (15/6).

Rektor ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Mochamad Ashar menjelaskan bahwa Robot RAISA merupakan produk inovasi yang dibuat berdasar kebutuhan rumah sakit. Robot ini bisa membantu tenaga kesehatan dalam melaksanakan tugas rutin tanpa menurunkan kualitas terhadap pasien Covid-19.

“Untuk bantuan donasi ini, kami ucapkan terimakasih. Kedepan kami harapkan Protelindo bisa memberikan donasi lagi karena masih banyak rumah sakit yang memerlukan robot RAISA.” ujar dia.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Dr Saiful Anwar Malang, Kohar Hari Santoso mengucapkan terima kasih atas dukungan ITS dan Protelindo atas pemberian Robot RAISA. “Bantuan ini pasti sangat bermanfaat bagi kami untuk mengurangi kontak langsung tenaga medis dengan pasien. Mengingat masih cukup banyak kasus Covid-19 yang ditangani, sedang tenaga kesehatan yang tertular cukup banyak, maka penggunaan Robot RAISA menjadi kebutuhan,” tambahnya.

Protelindo Gandeng ITS Donasikan Robot RAISA ke RS di Jatim