June 16, 2020 at 06:40AM - New Normal, Gubernur Sultra Terima Kedatangan 500 TKA Tiongkok -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

New Normal, Gubernur Sultra Terima Kedatangan 500 TKA Tiongkok

JawaPos.com – Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali menerima kedatangan tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok. Mereka akan masuk dalam waktu dekat melalui perusahaan pertambangan, PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI), Morosi, Kabupaten Konawe.

Gubernur Sultra Ali Mazi menyatakan, pihaknya sepakat menerima kehadiran para TKA Tiongkok karena pemberlakukan kebijakan tatanan kehidupan baru (new normal).

“Masuknya para pekerja asing ini juga demi bergairahnya kembali aktivitas perekonomian masyarakat di kawasan industri Morosi, termasuk di Sultra yang sempat sepi akibat virus korona,” Ali Mazi seperti dilansir Antara, Senin (15/6).

Ali Mazi menyebut, kedatangan 500 TKA merupakan kebijakan pemerintah pusat yang telah membuka keran impor pekerja asing.

Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh mengungkapkan, pemerintah daerah (pemda) tidak menghalangi masuknya TKA. Sebab, semua itu sepenuhnya tanggung jawab pemerintah pusat.

“Namun, perusahaan yang membawa TKA sebaiknya dievaluasi terlebih dulu kepatutan perusahaannya, kontribusi perusahaan kepada daerah, termasuk peran perusahaan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar, atau local wisdom,” kata Abdurrahman Saleh, di Kendari.

Politikus PAN Sultra itu menambahkan, yang terpenting atas rencana masuknya 500 TKA Tiongkok, yakni mereka harus benar-benar bersih dan bebas dari Covid-19 yang dibuktikan dengan menjalani proses protokol kesehatan yang ketat.

“Kita sepakat bahwa kita bukan antiinvestasi asing, tapi setelah diterapkan tatanan kehidupan baru atau new normal, maka kita memulai kehidupan yang produktif dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” ujarnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

New Normal, Gubernur Sultra Terima Kedatangan 500 TKA Tiongkok