June 20, 2020 at 08:31AM - Covid-19 Menular Lewat Mata, Aman Pakai Kacamata atau Lensa Kontak -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Covid-19 Menular Lewat Mata, Aman Pakai Kacamata atau Lensa Kontak

JawaPos.com – Seseorang yang memiliki gangguan pada matan biasanya dibantu dengan kacamata atau lensa kontak. Akan tetapi, sejumlah penelitian yang mengatakan virus Korona bisa menular lewat mata, membuat sebagian orang masih takut untuk pergi ke optik untuk memeriksa mata, membuat kacamata, atau membeli lensa kontak.

Dilansir dari Science Times, Sabtu (20/6), beberapa penelitian telah menemukan bahwa Coronavirus dapat dideteksi di dalam cairan mata. Beberapa organisasi mengeluarkan saran tentang risiko potensial menggunakan lensa kontak selama pandemi Covid-19. Lalu mana yang lebih aman, lensa kontak atau kacamata?

1. Lensa Kontak
Menurut tinjauan literatur tentang Clinical and Experimental Optometry, memakai lensa kontak masih aman selama orang mengikuti langkah-langkah higienis yang tepat dalam menangani lensa kontak. Laporan yang diterbitkan pada 22 April 2020, didasarkan pada hampir 200 artikel.

Faktanya, karena sering berkedip-kedip dengan penggunaan lensa kontak, virus tidak mungkin bertahan di permukaan mata cukup lama untuk menyebabkan komplikasi serius. Selain itu, gejala mata terkait virus Korona jarang terjadi. Para peneliti mengatakan bahwa ketika itu terjadi, hanya kurang dari satu persen pasien yang terinfeksi akibat iritasi mata.

2. Kacamata
Beberapa orang yang ragu-ragu mungkin akan mempertimbangkan untuk menggunakan kacamata sebagai gantinya. Tapi sebetulnya, para ahli mengatakan bahwa itu sebenarnya tidak lebih aman daripada menggunakan lensa kontak.

Seseorang cenderung lebih sering menyentuh dan menyesuaikan kacamata dibandingkan dengan menggunakan lensa kontak yang sudah melekat pada mata. Ini menyebabkan mereka lebih sering menyentuh wajah dan kadang-kadang tanpa sadar belum mencuci tangan.

Karena itu, risiko penularan lebih tinggi daripada jika orang menggunakan lensa kontak. Menurut sebuah penelitian, memakai lensa kontak masih diakui sebagai pilihan paling aman di semua kondisi untuk kesehatan mata.

Berdasar itu, saat mengenakan dan mencopot lensa kontak harus disiplin memerhatikan kebersihan tangan. Para ahli mengatakan masih aman untuk memakai lensa kontak asalkan orang berhati-hati dalam melakukannya.

Salah satu tips ketika mengenakan lensa kontak adalah mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang lensa. Selanjutnya, tangan harus dikeringkan dengan handuk atau kain kertas yang bersih.

Saksikan video menarik berikut ini:

Covid-19 Menular Lewat Mata, Aman Pakai Kacamata atau Lensa Kontak