June 22, 2020 at 08:08AM - Sekeluarga di Gresik Positif Covid-19, Akhirnya Sembuh -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Sekeluarga di Gresik Positif Covid-19, Akhirnya Sembuh

JawaPos.com – Data positif Covid-19 di Gresik memang terus bertambah.Namun, jumlah yang sembuh juga naik. Di antara pasien positif Covid-19 yang sembuh, ada keluarga PL, warga yang tinggal di wilayah Kecamatan Kebomas. Dari enam anggota keluarga itu, awalnya lima orang dinyatakan positif.

”Ibu, saya, dan dua adik yang masih sekolah di SMP dan TK dinyatakan konfirmasi positif pada 6 Mei lalu. Untuk kakak atau saudara yang paling tua, hasil tes swab-nya negatif,” tutur PL kepada Jawa Pos, Sabtu (20/6).

Pemuda 19 tahun itu sangat bersyukur. Dua adik dan ibunya kini sudah dinyatakan sembuh. Ketiganya dinyatakan negatif secara bersamaan. Namun, PL masih harus menunggu hingga Selasa (23/6). Hasil tes swab kelima baru keluar hari itu. ”Swab kedua negatif, swab ketiga positif, swab keempat negatif. Mohon doanya, semoga yang kelima negatif,” ucapnya.

PL pun menceritakan awal mula keluarganya terpapar Covid-19. Ada kecurigaan wabah tersebut berawal dari ayahnya. Sebab, saat itu ayahnya sering bolak-balik Gresik-Surabaya. Namun, ayah PL telah meninggal karena juga memiliki riwayat sakit jantung. Kepergian sang ayah tentu saja membuat keluarga terpukul. Tidak lama setelah itu, ternyata ada hasil tes tersebut.

Keluarga PL pun harus berjuang melawan korona. Belum lagi stigma dari masyarakat. Namun, semangat untuk sembuh mengalahkan semuanya. Sekeluarga terus melakukan isolasi mandiri. ”Awal-awal, sempat ada berita negatif yang menyebar. Tapi, kalau dipikirin, malah jadi stres. Jadi nggak sembuh-sembuh,” ungkap PL.

Karena itu, dia pun berpesan kepada para pasien lain agar menjaga pikiran tetap positif. ”Kami sejak dinyatakan positif sampai sekarang pun, tidak muncul gejala. Yang penting terus menjaga imunitas tubuh agar tetap kuat. Akhirnya, kondisi tubuh pun sehat,” ujarnya.

Syukur, dua adik dan ibunya sudah sembuh. Tinggal PL yang menanti hasil tes swab. Mereka pun tiada henti memberikan semangat kepada PL. Tapi, PL optimistis hasil tes Selasa mendatang negatif. ”Gaya hidup sudah berubah drastis. Sejak ada korona dan kami dinyatakan positif, semua menjadi teratur. Berusaha semaksimal mungkin untuk hidup sehat,” paparnya.

Setiap pagi, lanjut dia, keluarga PL selalu pergi ke belakang rumah. Berjemur. Paling tidak selama satu jam. Terkadang berjemur di depan rumah kalau suasana sepi. Selain itu, mereka pun selalu mengonsumsi minuman hangat. Kadang teh, kadang jahe, atau minuman sehat lain. Selain itu, tentu disiplin menegakkan protokol kesehatan. ”Makan lebih teratur dan ditambah vitamin,” imbuhnya.

Paparan positif Covid-19 juga membuat PL harus kehilangan pekerjaan. Sejak dinyatakan positif, PL langsung kena pemutusan hubungan kerja (PHK). Kakaknya pun tak bekerja. Sampai saat ini, keluarga PL tidak punya penghasilan sama sekali.

Saksikan video menarik berikut ini:

Sekeluarga di Gresik Positif Covid-19, Akhirnya Sembuh