June 24, 2020 at 06:50AM - Ketua DPRD Sultra Cek Langsung Dokumen TKA di Bandara Haluoleo -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Ketua DPRD Sultra Cek Langsung Dokumen TKA di Bandara Haluoleo

JawaPos.com–Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Abdurrahman Saleh melakukan cek langsung kelengkapan legalitas dokumen sejumlah tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok. TKA itu akan bekerja membangun smelter di PT VDNI dan OSS Morosi, Kabupaten Konawe.

Pengecekan langsung itu dilakukan Abdurrahman Saleh dengan mendatangi Bandara Haluoleo bersama pihak Imigrasi dan Dinas Ketenagakerjaan serta pihak-pihak terkait lain untuk memastikan bahwa para TKA itu menggunakan visa 312. Dia mengungkapkan, upaya tersebut dilakukan agar pihaknya tidak lagi kecolongan seperti kedatangan 49 tenaga kerja asing pada sebelumnya yang menggunakan visa 211 atau visa kunjungan.

”Makanya kami di DPRD adanya temuan pengakuan 49 TKA kemarin yang menggunakan visa 211 maka kita datang disini untuk melihat visanya ini visa apa,” ucap Abdurrahman Saleh seperti dilansir dari Antara.

Dia menambahkan berdasar hasil pantauan pihaknya, 156 tenaga kerja asing atau TKA yang tiba di Bandara Haluoleo Kendari menggunakan visa 312 atau visa tenaga kerja ahli. Dia telah mengecek visa yang digunakan para TKA secara acak atau sampling. Dari hasil tersebut, para TKA tersebut dipastikan menggunakan visa kerja.

”Kami coba mengambil sampling berdasarkan yang kita inginkan. Mereka menggunakan visa 312. Namun, nanti dicek kembali, karena yang harus menangani ini semua adalah Imigrasi Kendari,” kata Abdurrahman Saleh.

Dia juga telah meminta data resmi dari perusahaan terkait keahlian yang dimiliki para TKA tersebut. Sebab, sesuai informasi ratusan TKA yang datang telah mengantongi 15 keahlian dalam bidang pembangunan smelter. ”Kami masih minta data keahlian TKA ini yang masuk dalam 15 kategori keahlian. Kami minta lewat direkturnya, nanti mereka menyerahkan kepada kami,” tutur Abdurrahman.

Selain melakukan pengecekan visa, Abdurrahman juga ingin memastikan proses kedatangan ratusan TKA asal Tiongkok itu mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Ketua DPRD Sultra Cek Langsung Dokumen TKA di Bandara Haluoleo