Tol Trans Sumatera Bawa Dampak Ekonomi dan Sosial

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Tol Trans Sumatera Bawa Dampak Ekonomi dan Sosial


JawaPos.com–Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) membawa dampak baik di bidang ekonomi maupun sosial.

”Pembangunan JTTS di Provinsi Lampung banyak memberikan manfaat baik dalam bidang ekonomi, sosial, maupun bidang lainnya seperti peningkatan ekonomi. Hal ini dapat dilihat di pintu tol dan rest area seperti pembangunan perumahan, pertokoan maupun perkantoran,” kata Arinal seperti dilansir dari Antara di Kota Bandarlampung.

Selain itu, membuka lapangan kerja baik di kantor pengelola jalan tol maupun di rest area, meningkatkan lalu lintas manusia dan barang sehingga mempercepat perjalanan dan memudahkan pengiriman barang. Selain itu, perjalanan lebih terjamin karena keluar masuk kendaraan yang terdata.

Menurut dia, jalan tol itu pertama kali dilalui pada Maret 2019 yaitu ruas tol Bakauheni–Terbanggi Besar dan secara utuh terkoneksi hingga Sumatera Selatan yaitu ruas Terbanggi Besar–Pematang Panggang pada November 2019.

Pengadaan lahan untuk pembangunan jalan tol di Provinsi Lampung menurut data, merupakan pengadaan lahan yang paling cepat karena dimulai pada April 2015 sampai November 2019. Jalan sepanjang lebih kurang 252 km sudah bisa beroperasi dengan baik dan lancar.

Menurut dia, ada beberapa kendala atau hambatan dalam pelaksanaan pengadaan lahan seperti sengketa kepemilikan dan kurang puasnya masyarakat terhadap ganti rugi yang mereka terima. ”Saya berharap pembangunan jalan tol ini terus dikaji dan diamati dengan baik khususnya untuk penambahan ruas jalan tol maupun penambahan exit tol khususnya di lokasi yang dekat dengan Kota Bandarlampung,” ujar Arinal.

Saksikan video menarik berikut ini:


Tol Trans Sumatera Bawa Dampak Ekonomi dan Sosial