Golkar Jatim Sebut Syaichona Muhammad Kholil Layak Pahlawan Nasional

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Golkar Jatim Sebut Syaichona Muhammad Kholil Layak Pahlawan Nasional


JawaPos.com–DPD I Partai Golkar Jawa Timur menilai, ulama asal Madura Syaichona Muhammad Kholil sangat layak mendapat gelar pahlawan nasional karena jasanya kepada bangsa Indonesia.

”Syaichona Muhammad Kholil adalah guru ulama dan kiai-kiai pesantren besar yang senantiasa mengajarkan Islam wasathiyah (moderat) dan cinta Tanah Air kepada para santrinya,” ujar Ketua DPD I Golkar Jatim M. Sarmuji seperti dilnsir dari Antara pada sela seminar nasional dalam rangka percepatan pengusulan gelar pahlawan nasional di Surabaya, Selasa (9/3).

Selain itu, kata dia, Syaichona Muhammad Kholil menginspirasi lahirnya Nahdlatul Ulama (NU) yang kemudian terbukti organisasi keagamaan itu menjadi perekat nasionalisme di Indonesia sampai saat ini. Pihaknya mendapat laporan Syaichona Kholil belum mendapatkan gelar tersebut, padahal para santrinya, seperti KH Hasyim Asy’ari, KH Wahab Hasbullah, dan KH As’ad Syamsul Arifin sudah bergelar pahlawan nasional.

Golkar, lanjut Sarmuji, menargetkan pada peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021, Syaichona Kholil sudah mendapatkan gelar pahlawan nasional dari pemerintah.

”Kalau ini terwujud akan menjadi kebanggaan warga Madura, warga Jatim, warga Nahdliyyin, dan Partai Golkar,” ucap Sarmuji.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menegaskan dukungannya dan segera berkoordinasi dengan Kementerian Sosial terkait usul tersebut.

”Syaichona Muhammad Kholil itu mahagurunya ulama dan kiai di Madura, Jawa, dan Nusantara. Jasa beliau pada bangsa dan negara saat masa perjuangan tak perlu diragukan lagi,” kata Khofifah.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut berpesan agar tim khusus yang menangani usul gelar pahlawan nasional Syaichona Muhammad Kholil bekerja sama dengan berbagai elemen untuk mengumpulkan dan melengkapi berbagai dokumen yang diperlukan. Kelengkapan dokumen yang dibutuhkan Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) maupun Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) harus disiapkan dengan baik.

”Karena nantinya berjenjang dan menjadi penentu cepat tidaknya untuk disetujui Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan untuk diusulkan kepada presiden,” tutur Gubernur Khofifah.

Turut hadir pada seminar itu Bupati Bangkalan Lora Latif serta tokoh-tokoh Madura, ketua PCNU Kabupaten Bangkalan, dan sejumlah keturunan Syaichona Muhammad Kholil.

Saksikan video menarik berikut ini:


Golkar Jatim Sebut Syaichona Muhammad Kholil Layak Pahlawan Nasional