Polda Kalsel Mulai Sosialisasikan ETLE di Banjarmasin

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Polda Kalsel Mulai Sosialisasikan ETLE di Banjarmasin


JawaPos.com – Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mulai diberlakukan di wilayah Polda Kalimantan Selatan (Kalsel). Wilayah yang pertama menerapkam yakni Banjarmasin.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalsel turun ke jalan untuk melakukan sosialiasi atas penerapan ETLE. Sosialisasi ini berlangsung dibeberapa titik. Di antaranya Jalan A.Yani, Jalan Pangeran Samudera dan Jalan Lambung Mangkurat.

Petugas Ditlantas Polda Kalsel bersama Satlantas Polresta Banjarmasin membagikan leflit ETLE dan menyampaikan tentang zona merah RHK (Ruang Henti Kendaraan) melalui papan himbauan. Sementara itu pada spanduk yang dipasang terpampang tulis ‘Anda memasuki kawasan pemberlakukan tilang elektronik diawasi CCTV E-TLE dan Patuhi peraturan berlalu lintas’.

Proses sosialiasi dilakukan dengan cara berkeliling menghampiri sepeda motor dan mobil yang sedang berhenti di lampu merah. Dengan ini, diharapkan para pengendara tidak terkejut apabila mendadak diberi sanksi tilang elektronik karena melanggar lalu lintas.

Sosialisasi Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Banjarmasin. (Istimewa).

“Jadi nanti pelanggaran yang biasanya akan langsung ditindak oleh petugas bisa terekam melalui ETLE,” ucap Dirlantas Polda Kalsel Kombes Pol Maesa Soegriwo kepada wartawan, Jumat (5/3).

Dengan sisitem ETLE, kata Maesa, pelanggar lalu lintas akan dikirimi bukti tilang ke alamat di dalam STNK kendaraan. Lalu pelanggar harus membayar denda atas pelanggaran yang dibuat.

“Sesudah itu bukti pelanggaran akan tercetak dan dikirim ke rumah,” jelasnya.
Diketahui, Polda Kalsel menargetkan ada 80 titik yang akan dipasangi kamera ETLE. Dengan rincian, 44 titik di Banjarmasin, 3 titik di Banjarbaru, 8 titik di Kabupaten Banjar, 4 titik di Kabupaten Tapin, 4 titik di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

3 titik di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, 2 titik di Kabupaten Hulu Sungai Utara, 9 titik di Kabupaten Tabalong, dan 4 titik di Kabupaten Tanahlaut.


Polda Kalsel Mulai Sosialisasikan ETLE di Banjarmasin