Aktor Gary Iskak Idap Kanker Hati, Apa Hubungannya dengan Hepatitis?

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Aktor Gary Iskak Idap Kanker Hati, Apa Hubungannya dengan Hepatitis?


JawaPos.com – Aktor Gary Iskak saat ini sedang terbaring di rumah sakit karena mengidap kanker hati. Secara umum, sejumlah penyakit pada hati meliputi hepatitis A, B, dan C. Lalu apakah kedua penyakit tersebut ada hubungannya?

Konsultan Hematologi & Onkologi Medik dr. Ronald Alexander Hukom, Sp.PD-KHOM mengatakan, gejala kanker hati yang dini tidak selalu cukup nyata, bisa saja didapat saat melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Saat pemeriksaan ditemukan kelainan laboratorium atau gambaran USG hati yang tidak normal.

“Sementara tidak ada keluhan nyata yang dirasakan pasien,” katanya kepada JawaPos.com, Minggu (20/6).

Baca Juga: Chef Haryo Sebut Gary Iskak dalam Kondisi Tak Sadarkan Diri

Menurut dr. Ronald, umumnya kanker hati ditemukan pada stadium yang sudah lebih lanjut, biasanya dengan gambaran klinis lebih nyata. Misalnya badan menjadi kuning, nyeri, disertai hati yang diraba membesar dan perut bengkak.

Di masyarakat, istilah yang dihubungkan dengan penyakit hati sering disebut orang tersebut menderita penyakit Liver. Lalu apakah berbeda antara kanker hati dan liver?

“Istilah sakit liver sering dipakai untuk orang dengan perut bengkak dan badan kuning, tidak semua karena kanker,” katanya.

Kemudian jika dibandingkan dengan sakit hepatitis yang juga menyerang hati, adakah kaitannya? Menurut dr. Ronald, penyebab tersering kanker hati adalah infeksi kronis seperti hepatitis virus B dan C.

“Kebiasaan minum alkohol berlebih, merokok, dan beberapa bahan kimia toksik dapat juga menyebabkan kanker hati,” jelasnya.

Kanker hati, kata dia, bisa disebabkan oleh infeksi kronis dari virus hepatitis B dan C. Lalu ada pula istilah seseorang terkena penyakit kuning, hal itu terkait erat dengan hepatitis.

“Sakit kuning umumnya dulu dipakai untuk orang sakit dengan kondisi badan kuning dan kencing seperti air teh akibat infeksi hepatitis virus A, B, atau C,” jelasnya.


Aktor Gary Iskak Idap Kanker Hati, Apa Hubungannya dengan Hepatitis?