Disuntik Sinovac Sekali, tapi Hanya Separo yang Divaksin Dosis Penuh

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Disuntik Sinovac Sekali, tapi Hanya Separo yang Divaksin Dosis Penuh


JawaPos.com – Para ahli mengingatkan agar populasi yang divaksinasi dengan vaksin Covid-19 disuntik lengkap yakni dua dosis. Pasalnya, ternyata dari data yang ada di Filipina, ada setengah dari populasi yang sudah divaksinasi dosis pertama namun mereka belum mendapatkan dosis kedua.

“Setengah dari mereka yang telah menerima dosis vaksin Covid-19 pertama mereka mungkin belum mendapat dosis kedua,” kata seorang ahli epidemiologi yang menasihati Satuan Tugas Antar-Lembaga untuk Manajemen Penyakit Menular yang Muncul (IATF-MEID) Filipina seperti dilansir Inquirer.

Anggota kelompok kerja sub-teknis IATF untuk analisis data, dr. John Wong mencatat bahwa hanya sekitar 1 juta orang yang telah divaksinasi dengan suntikan pertama dari Sinovac dan Institut Penelitian Gamaleya, tapi separo belum menerima dosis kedua.

Baca juga: Alergi Pfizer, Gratis Pakai Sinovac, Singapura Tunjuk 20 Klinik Swasta

“Jika Anda melihat data sekitar tiga bulan, hanya melihat vaksin yang memiliki interval satu bulan untuk vaksinasi. Tetapi sejauh ini hanya sekitar setengah yang kembali,” kata Wong.

“Jadi mungkin, setengah dari orang yang telah mengambil dosis pertama mereka kehilangan dosis kedua mereka. Orang-orang ini perlu kita tindak lanjuti,” tambahnya.

Baca juga: Viral Surat Dokter, Singapura Bandingkan Vaksin Pfizer dan Sinovac

Wong mengatakan para ahli belum memiliki informasi tentang alasan mengapa beberapa orang tidak kembali untuk dosis kedua mereka. “Itulah yang perlu dilakukan lebih lanjut oleh Kemenkes Filiina dan LGU (unit pemerintah daerah),” katanya.

Kemenkes Filipina telah menegaskan kembali bahwa vaksin akan memiliki potensi maksimum jika populasi menerima dosis penuh. Lebih dari 5,2 juta dosis vaksin Covid-19 telah diberikan di negara itu pada 31 Mei. Dari jumlah ini, lebih dari 4 juta diberikan sebagai dosis pertama dan baru 1,2 juta orang yang menerima suntikan kedua.


Disuntik Sinovac Sekali, tapi Hanya Separo yang Divaksin Dosis Penuh