Gareth Bale Gagal Penalti tapi Bikin Dua Assist, Wales Kalahkan Turki

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Gareth Bale Gagal Penalti tapi Bikin Dua Assist, Wales Kalahkan Turki


JawaPos.com – Wales mendekat ke babak 16 besar Euro 2020 seusai membekap Turki 2-0 dalam lanjutan Grup A di Stadion Olimpiade Baku, Baku, Azerbaijan, Rabu (16/6) malam WIB. Kapten Wales, Gareth Bale, memang gagal mengeksekusi tendangan penalti. Tapi, dia mampu membukukan dua assist untuk kedua gol timnya yang dicetak Aaron Ramsey dan Connor Roberts.

Dengan kemenangan ini, Wales sementara berada di peringkat kedua klasemen Grup A dengan raihan empat poin. Sedangkan posisi puncak diduduki Italia yang menang 3-0 atas Swiss dengan mengantongi enam poin.

Raihan empat poin praktis membuat Wales berpeluang besar untuk lolos ke 16 besar, entah sebagai dua tim teratas klasemen akhir Grup A maupun jadi salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik turnamen.

Tak seperti di pertandingan pertama, Wales tampil lebih agresif sejak awal laga menghadapi Turki dan nyaris memimpin pada menit keenam jika saja tembakan Ramsey tak diamankan kiper Ugurcan Cakir.

Turki balik mengancam pada menit ke-14 melalui sepakan jarak jauh Cengiz Under yang masih mudah untuk ditangkap kiper Danny Ward.

Tiga menit berselang para pemain Wales menuntut hadiah tendangan penalti setelah bola terlihat jelas mengenai lengan bek Turki Caglar Soyuncu di dalam area terlarang. Tapi wasit Artur Manuel Soares Dias mengabaikannya.

Pada menit ke-24, Ramsey kembali memperoleh peluang tapi penyelesaiannya malah melambung tinggi di atas mistar gawang. Lima menit berselang di ujung lapangan berlawanan, Joseff Morrell melakukan halauan penting atas peluang Kaan Ayhan sebelum bola melewati garis gawang.

Kebuntuan pecah tiga menit jelang turun minum, ketika Ramsey lolos dari kawalan untuk menyambut umpan lambung kiriman Bale dengan dadanya sebelum menyontek bola memperdaya Cakir dan membuka keunggulan Wales 1-0.

Turki memasuki babak kedua dengan lebih agresif. Mereka memperoleh peluang emas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-54 saat Ayhan mengirim umpan sundulan ke muka gawang, tapi Burak Yilmaz malah melakukan tendangan voli yang melambung tinggi di atas sasaran.

Wales kemudian memperoleh kesempatan bagus untuk bisa menggandakan keunggulan mereka saat mendapat hadiah tendangan penalti. Tapi, Bale yang jadi algojo malah melepaskan sepakan tinggi di atas mistar gawang.

Turki terus berusaha menyamakan kedudukan dan hampir berhasil melakukannya lewat tandukan tajam Merih Demiral dalam situasi sepak pojok pada menit ke-87, sayang Ward bereaksi sigap untuk menepis bola.

Drama terjadi di dalam kotak penalti Wales tepat di pengujung waktu normal, ketika Yilmaz kurang senang dengan reaksi berlebih Joe Rodon dan hal itu menimbulkan konfrontasi antara pemain kedua tim berujung empat kartu kuning dari wasit.

Wales dengan tenang terus menjaga keunggulan mereka dan pada menit kelima injury time, Bale dengan cermat mengirim umpan tarik untuk diselesaikan Roberts dan mengunci kemenangan 2-0 atas Turki. Hingga akhir laga, Wales mampu menjaga keunggulan 2-0 atas Turki.

Rangkaian pertandingan penutup Grup A akan dimainkan serentak pada Minggu (20/6). Wales bertandang ke Roma menghadapi Italia dan Turki bertemu Swiss di Baku.

Turki 0-2 Wales
(Ramsey 42, Roberts 90)

SUSUNAN PEMAIN
Turki (4-1-3-2): Ugurcan Cakir; Caglar Soyuncu, Kaan Ayhan, Okay Yokuslu (Merih Demiral 46), Umut Meras (Mert Muldur 73), Zeki Celik, Hakan Calhanoglu, Ozan Tufan (Yusuf Yazici 46), Kenan Karaman (Halil Dervisoglu 75), Cengiz Under (Irfan Kahveci 83), Burak Yilmaz
Pelatih: Senol Gunes

Wales (4-2-3-1): Danny Ward; Joe Rodon, Chris Mepham, Joe Allen (Ethan Ampadu 73), Ben Davies, Connor Roberts, Aaron Ramsey (Harry Wilson 85), Joe Morrell, Gareth Bale, Daniel James (Neco Williams 90), Kieffer Moore
Pelatih: Robert Page


Gareth Bale Gagal Penalti tapi Bikin Dua Assist, Wales Kalahkan Turki