Kabar Baik, Sudah Vaksinasi Covid-19 Bisa Tetap Aman dari Mutasi India

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Kabar Baik, Sudah Vaksinasi Covid-19 Bisa Tetap Aman dari Mutasi India


JawaPos.com – Varian Delta dari Covid-19 dari India sudah meluas ke sejumlah negara termasuk Indonesia. Varian baru itu membuat siapa saja bertanya soal efektivitas vaksin Covid-19. Peneliti menegaskan seseorang yang sudah divaksinasi tetap akan terlindungi dari mutasi India.

Ahli epidemiologi di Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan William Hanage, membenarkan varian India menjadi varian virus paling berbahaya dan serius. Kini, varian itu sudah menjadi ancaman secara global berkejaran dengan angka cakupan vaksinasi.

“Secara global, Delta adalah perkembangan paling serius yang kita ketahui dalam hal evolusi virus,” kata William Hanage dilansir dari USA Today, Kamis (17/6).

“Kabar baiknya adalah orang yang divaksinasi bisa tetap aman,” kata Hange.

Sejauh ini, sekitar 44 persen dari AS telah sepenuhnya divaksinasi, menurut CDC. Bahaya sebenarnya dari varian tersebut, kata Hange, adalah bagi orang-orang yang memilih untuk tidak divaksinasi.

CDC menyebutkan bahwa varian Delta dari Coronavirus, yang pertama kali ditemukan di India, memiliki peningkatan transmisi dari 40 persen hingga 60 persen lebih tinggi daripada jenis lain, bersama dengan potensi penyakit parah.

Dalam laman Wis TV, Pakar penyakit menular, dr. Helmut Albrecht dari Prisma Health, mengatakan bahwa varian Delta akan segera menjadi strain dominan Covid-19. CDC melaporkan bahwa kasus Delta saat ini mencapai hampir 10 persen dari kasus Covid-19.

“Angka 10 persen tampaknya cukup rendah, tetapi selama beberapa minggu terakhir itu berlipat ganda setiap dua minggu, yang pada dasarnya berarti 10 persen dalam enam minggu, ini juga akan menjadi varian utama yang akan kita hadapi di sini,” kata Albrecht.

Untuk memerangi varian Delta, Albrecht mengatakan vaksin dan praktik kesehatan tambahan seperti mencuci tangan, menjaga jarak sosial, dan mengenakan masker dalam pengaturan yang tepat akan membantu memperlambat penyebaran strain. Oleh karena itu tidak memungkinkannya bermutasi pada tingkat tinggi.

“Vaksinasi adalah resep untuk masalah ini, dan saya berharap kita bisa tertular kecuali kita mendapatkan vaksinasi lebih luas di luar sana,” katanya.


Kabar Baik, Sudah Vaksinasi Covid-19 Bisa Tetap Aman dari Mutasi India