Pemkab Bangkalan Terima Tambahan 10.000 Rapid Antigen

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pemkab Bangkalan Terima Tambahan 10.000 Rapid Antigen


JawaPos.com–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan, Madura, Jawa Timur, menerima tambahan 10 ribu alat tes cepat antigen dari Pemprov Jatim. Alat itu untuk mengetes warga yang memiliki riwayat kontak dengan warga yang terpapar positif Covid-19.

”Selain untuk melakukan tes cepat kepada warga yang pernah kontak langsung dengan warga terpapar Covid-19, alat tes cepat kiriman dari Pemprov Jatim ini juga kami didistribusikan ke lokasi penyekatan. Sebab, semua warga yang hendak menuju Surabaya, harus dilakukan tes cepat antigen,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan Sudiyo seperti dilansir dari Antara di Bangkalan.

Dia menjelaskan, sejak Senin (7/6), Pemkab Bangkalan mulai melakukan penyekatan kepada para pengendara kendaraan bermotor dari Bangkalan yang hendak menuju Surabaya di Jalan Raya Petapan, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan. Di lokasi itu, Pemkab Bangkalan juga menggelar tes cepat antigen.

”Warga Bangkalan yang hendak ke Surabaya harus bisa dipastikan dulu bebas Covid-19,” ujar Sudiyo.

Warga yang diketahui reaktif Covid-19 berdasarkan hasil tes cepat antigen itu, lanjut dia, akan dikarantina. Sedangkan yang dinyatakan bebas diperbolehkan melanjutkan perjalanan ke Surabaya.

Selain di Jalan Raya Petepan, penyekatan dan tes cepat antigen juga dilakukan di sejumlah titik. Antara lain di Pelabuhan Kamal, Bangkalan.

Menurut Sudiyo, awalnya Pemkab Bangkalan hanya memiliki sebanyak 500 alat tes cepat antigen, sebagai persiapan untuk beberapa hari ke depan. ”Tapi Pemprov Jatim mengirim alat tes rapid antigen tambahan sebanyak 10 ribu. Sebab, kasus aktif Covid-19 di Bangkalan meningkat tajam dan tidak sedikit warga dan petugas medis yang telah terpapar,” tutur Sudiyo.

Satgas Covid-19 Pemkab Bangkalan melaporkan, hingga 6 Juni, tercatat sebanyak 25 kasus pasien baru Covid-19, dan dua di antaranya meninggal dunia. Total warga Bangkalan yang terkonfirmasi positif virus korona jenis baru itu sebanyak 1.779 orang. Terdiri atas pasien sembuh 1.520 orang, sebanyak 180 orang meninggal dunia, sedangkan kasus aktif yang kini masih menjalani perawatan sebanyak 79 orang.

”Jumlah kasus aktif sebanyak 79 orang ini yang menjalani perawatan di Bangkalan, belum termasuk yang dirawat di Surabaya,” terang Sudiyo.

Sebelumnya pada rapat koordinasi bersama Dinkes Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinkes Sudiyo menuturkan, total jumlah kasus aktif baru Covid-19 yang menimpa warga Bangkalan sebanyak 169 kasus, dengan jumlah kematian sebanyak 34 kasus, dalam kurun waktu pasca libur Lebaran 1442 Hijriah hingga saat ini.


Pemkab Bangkalan Terima Tambahan 10.000 Rapid Antigen