Sandiaga Uno: Teknologi Data Analisis Bisa Bantu Pulihkan Ekonomi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Sandiaga Uno: Teknologi Data Analisis Bisa Bantu Pulihkan Ekonomi


JawaPos.com –  Menteri Parekraf RI Sandiaga Uno mengatakan, location intelligence dan big data analytics dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi pemerintah. Selain itu dapat membantu pemulihan ekonomi berbasis data.

Location Intelligence adalah sektor dengan potensi untuk benar-benar mendapat manfaat dari pandemi saat ini karena data besar dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi pemerintah dan dapat membantu pemulihan ekonomi berbasis data untuk sektor swasta juga,” ujarnya dalam diskusi virtual, Rabu (23/6).

Sandiaga Uno menjelaskan, melalui metode ini dapat digunakan untuk melacak penderita Covid-19 dan program vaksinasi Covid-19 pun juga dapat dikelola menjadi lebih efisien. “Kita harus memastikan akses tersedia untuk semua. Hal ini juga dapat mengarah pada pengelolaan sistem perawatan kesehatan yang lebih baik di masa depan di seluruh provinsi di Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Siap Jadi Tuan Rumah WSBK 2021

Dalam kesempatan yang sama, Pendiri Bhumi Varta Technology Martyn Terpilowski dan CEO Jullian Gaffar juga mengatakan, selain bermanfaat dalam situasi saat ini, location intelligence dan big data analytics juga dapat digunakan untuk masa pemulihan pasca Covid-19 di sektor perekonomian.

“Eksekusi dan keputusan dalam pandemi harus cepat untuk mendapatkan keuntungan penuh dari teknologi yang tersedia,” ucapnya.

Ia menyebut, pendekatan berbasis data disektor bisnis memiliki potensi jangka panjang di Indonesia untuk membawa kemajuan besar dalam perekonomian. Bahkan, jika perusahaan khususnya swasta belum beralih dan berinvestasi pada teknologi ini maka kedepannya mereka akan tertinggal.

“Investasi pada teknologi Location Intelligence dan Big Data Analytics perlu dilihat sebagai pendorong pendapatan, bukan biaya,” ungkapnya.


Sandiaga Uno: Teknologi Data Analisis Bisa Bantu Pulihkan Ekonomi