Sosok KSAL Laksamana Yudo Digadang Jadi Suksesor Panglima TNI

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Sosok KSAL Laksamana Yudo Digadang Jadi Suksesor Panglima TNI


JawaPos.com – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bakal pensiun akhir tahun ini. Bursa calon penggantinya mulai menghangat. Diantara nama yang disebut-sebut berpotensi menjadi suksesor atau pengganti Hadi adalah Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Pengamat intelijen, pertahanan, dan keamanan Ngasiman Djoyonegoro menuturkan Laksamana Yudo diangkat menjadi KSAL sejak 20 Mei 2020 lalu. Pengangkatan sebagai KSALtentu mempertimbangkan kemampuan, kecakapan, loyalitas sebagai seorang prajurit.

’’Tentang loyalitas, tak ada yang bisa membantah loyalis KSAL ke-17 ini,’’ tuturnya saat diwawancara Rabu (3/6). Menurut pria yang akrab disapa Simon itu, Laksamana Yudo menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diemban dengan baik dan paripurna.

Menurut dia Laksamana Yudo juga memiliki rekam jejak baik. Misalnya saat menjabat sebagai Panglima Koarmada 1, Yudo sangat sigap memimpin Satgas Laut dalam pencairan pesawat Lion Air JT-160 pada 2019 lalu. Sampai akhirnya tidak butuh lama bagi tim pencarian untuk menemukan SCR pesawat Lion Air JT-160.

Simon lantas mengatakan di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, Yudo juga menjalankan sejumlah tugas penting. Diantaranya adalah dia dipercaya memimpin proses rehabilitasi di hanggar Lanud Raden Sadjad, Natuna. Rehabilitasi ini dilakukan untuk menyambut kepulangan WNI dari Wuhan, Tiongkok.

Kemudian ketika pemerintah membangun Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, pada awalnya Yudo yang dipercaya memimpin operasionalnya. Saat pemerintah mendirikan RSD Pulau Galang, Yudo juga dipercaya untuk menahkodainya.

’’Pengalamannya memimpin di jajaran Kogabwilhan 1 membuktikan bahwa Laksamana TNI Yudo adalah seorang prajurit sejati,’’ jelasnya. Sebab dapat mengomandoi lingkup tiga matra sekaligus. Yaitu matra darat, laut, dan udara.

Baca juga: KSAL Ungkap Pihaknya Masih Cari Posisi Terakhir KRI Nanggala 402

Ketika menjabat sebagai KSAL, Laksamana Yudo juga menunjukkan tanggung jawab dan perhatian yang tinggi. Misalnya ketika terjadi musibah tenggelamnya KRI Nanggala-402 beberapa waktu lalu. ’’Bersama Panglima TNI, Yudo ikut melaut untuk mencari keberadaan KRI Nanggala-402,’’ jelas Simon. Setelah ada kepastian nasib kapal selam nahas itu, Yudo menyambangi beberapa keluarga korban bersama Presiden, Menteri Pertahanan, dan Panglima TNI


Sosok KSAL Laksamana Yudo Digadang Jadi Suksesor Panglima TNI