Jokowi Resmikan Pengoperasian Jalan Tol Kelapa Gading – Pulo Gebang

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Jokowi Resmikan Pengoperasian Jalan Tol Kelapa Gading – Pulo Gebang


JawaPos.com – Presiden RI Joko Widodo meresmikan enam ruas jalan tol Kelapa Gading – Pulo Gebang sepanjang 9,3 kilometer. Peresmian dilakukan di Gerbang Tol Cakung, didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Komisaris Utama Jakarta Toll Road Development.

“Alhamdulilah pagi hari ini jalan tol Pulo Gebang – Kelapa Gading sepanjang 9,3 km telah selesai dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujarnya melalui YouTube Sekertariat Kepresidenan, Senin (23/8).

Jokowi mendapatkan, jalan tol ini merupakan bagian dan sebagai pelengkap jalan tol metropolitan Jabodetabek dan lingkar dalam Jakarta dan lingkar luar jakarta. Harapannya, dengan beroperasinya tol ini dapat mempercepat distribusi logistik yang akan meningkatkan daya saing.

“Kita harapkan dengan selesainya jalan tol Pulo Gebang – Kelapa Gadung ini kecepatan distribusi logistik akan makin baik, daya saing komoditas kita semakin baik, karena jalan tol ini juga terkait Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Marunda dan terhubung pelabuhan Tanjung Priok. Sehingga meningkatkan daya saing dan mobilitas orang di Jakarta dan barang antara kota dan Jakarta dan sekitarnya semakin baik,” jelasnya.

Selain itu, Jokowi juga menekankan pentingnya pembiayaan dalam proyek infrastruktur agar dapat dilakukan melalui kerjasama dan kolaborasi antar pemerintah, Kementerian, dan Swasta. Sehingga, diharapkan dapat mengatasi ketimpangan antar daerah dan provinsi, serta mempercepat konektivitas nasional.

“Yang tak kalah pentingnya, mode pembiayaan yang kita harapkan ini bisa kita lakukan di jalan tol lain yaitu memadukan anggaran bauran pendanaan antar baik pemerintah antar kementerian dengan BUMN, BUMN dengan swasta atau melalui skema KPBU sehingga mempercepat proyek yang kita rencanakan. Saya berharap skema pembiayaan seperti ini bisa digunakan pembangunan infrastruktur di seluruh pelosok provinsi,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pemerintah melalui BPJT Kementerian PUPR bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus berupaya untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Layang Dalam Kota Jakarta atau sering disebut dengan 6 Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta tahap 1 ruas Semanan – Pulo Gebang.

Pembangunan jalan tol tahap 1 Semanan – Pulogebang yang dikelola oleh BUJUT PT Jakarta Tollroad Development (JTD) dan kontraktor pelaksana PT Jaya Konstruksi – PT Adhi Karya (KSO) dengan nilai investasi sebesar Rp 2,05 triliun memiliki total panjang 31,2 km yang terdiri dari 3 Seksi.

Seksi A yaitu Kelapa Gading – Pulo Gebang sepanjang 9,3 Km, Seksi B ruas Semanan-Grogol sepanjang 9,5 Km dan Seksi C ruas Grogol-Kelapa Gading sepanjang 12,4 Km.

Untuk Seksi B & C tahap 1 ditargetkan konstruksinya akan rampung pada tahun 2024 mendatang, sehingga dapat tersambung seluruhnya dari Semanan hingga ke Pulo Gebang. 6 Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional sesuai Peraturan Presiden (Perpres) No.56 Tahun 2018. 6 ruas jalan tol sepanjang 69,77 Km tersebut.

Nantinya tol ini juga akan mengadopsi konstruksi jalan layang yang terintegrasi dengan transportasi umum Bus Rapid Transit (BRT). Pembangunan jalan tol tersebut diharapkan dapat membantu mengurai kemacetan di dalam kota Jakarta.

Setelah Tahap 1 rampung seluruhnya, akan dilanjutkan tahap II yang meliputi ruas Duri Pulo-Kampung Melayu dan Kampung Melayu-Kemayoran, serta tahap III terdiri dari ruas Ulujami-Tanah Abang dan Tanjung Barat-Kasablanka.


Jokowi Resmikan Pengoperasian Jalan Tol Kelapa Gading – Pulo Gebang