Kasus KDRT di Kalsel Meningkat Selama Pandemi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Kasus KDRT di Kalsel Meningkat Selama Pandemi


JawaPos.com–Polda Kalimantan Selatan mencatat kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak meningkat selama pandemi Covid-19 terutama kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

”Jumlah kasus yang ditangani dalam setengah tahun ini sudah mencapai lebih dari enam puluh persen kasus sepanjang 2020,” terang Kabidhumas Polda Kalsel Kombespol Mochamad Rifa’i seperti dilansir dari Antara di Banjarmasin.

Hingga pertengahan tahun ini, Unit Pelayanan Perempuan dan Anak Subdit 4 Renakta Ditreskrimum Polda Kalsel menangani 147 kasus. Terdiri atas 68 kasus kekerasan terhadap perempuan dan 79 kasus anak.

Sedangkan selama 2020, total ada 214 kasus. Terdiri atas kekerasan terhadap perempuan 94 kasus dan terhadap anak 120 kasus.

Dari tindak pidana yang terjadi, mayoritas KDRT yaitu sebanyak 32 kasus. Diakui Rifa’i, KDRT dipicu persoalan ekonomi dampak dari pandemi antara suami terhadap istri.

”Kasus suami istri ini kebanyakan berakhir dengan perceraian karena tidak ada jalan damai,” beber Mochamad Rifa’i.

Ada juga KDRT dengan pelaku orang tua terhadap anaknya. Polisi berupaya memediasi agar hubungan keluarga kembali harmonis.

”Namun orang tua sebagai pelaku juga membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatannya. Jika sampai terulang, tindakan lebih tegas berupa pidana siap diberikan,” ucap Rifa’i.

Selain KDRT, ada sejumlah kasus lain yang juga ditangani polisi. Di antaranya penganiayaan 23 kasus, pencabulan dan perkosaan masing-masing 5 kasus, persetubuhan satu kasus, dan lain-lain dua kasus. Sedangkan kasus kekerasan terhadap anak didominasi pencabulan dan perkosaan masing-masing 19 kasus, diikuti persetubuhan 18 kasus, penganiayaan 14 kasus, pelarian anak enam kasus, pengeroyokan dua kasus, dan perbuatan tidak menyenangkan satu kasus.

”Di samping penegakan hukum, kekerasan terhadap perempuan dan anak tentunya juga harus dikedepankan upaya edukasi agar peristiwa jangan sampai terjadi. Harus disadari semua ada konsekuensi hukum meski itu di lingkup keluarga,” tutur Rifa’i.


Kasus KDRT di Kalsel Meningkat Selama Pandemi