Penjualan Roda Empat Melandai pada Juli, tapi Masih Ada Permintaan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Penjualan Roda Empat Melandai pada Juli, tapi Masih Ada Permintaan


JawaPos.com – Penjualan roda empat di Indonesia tercatat melandai pada Juli 2021 dibanding sebulan sebelumnya. Penurunan tipis itu dinilai karena ada pengaruh dari pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sejak bulan lalu. Namun, kenaikan sales otomotif Juli terdongkrak lebih dari 100 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu atau year-on-year.

Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales Juli tercatat 66.639 unit. Angka tersebut minus 8,4 persen jika dibandingkan dengan Juni yang tercatat 72.720 unit. Sementara itu, hasil retail sales tercatat 64.028 unit, yang berarti turun 2,6 persen dibanding Juni yang tercatat 65.715 unit.

“Turun sedikit karena sejak awal Juli ada PPKM darurat, yang berlanjut hingga saat ini,” ujar Sekretaris Gaikindo Kukuh Kumara Senin (16/8).

Pada Juli 2020, penjualan wholesales tercatat 25.285 unit dan ritel 35.799 kendaraan. Jadi, ada peningkatan 163,6 persen year-on-year untuk wholesales. Ritel terdongkrak 78,9 persen.

Penerapan diskon PPnBM 100 persen hanya menyisakan satu bulan, yaitu Agustus. Kukuh menyebutkan, pelaku industri otomotif masih optimistis untuk memaksimalkan periode tersebut.

“PPnBM 100 persen selesai, kami optimistis demand masih ada. Dalam kondisi saat ini, ada masyarakat yang masih banyak memiliki tabungan.”


Penjualan Roda Empat Melandai pada Juli, tapi Masih Ada Permintaan