Ratusan Anggota TNI AL di Surabaya Donorkan Plasma Konvalesen

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Ratusan Anggota TNI AL di Surabaya Donorkan Plasma Konvalesen


JawaPos.com–Ratusan penyintas Covid-19 dari anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) di Surabaya, Jawa Timur, mendonorkan plasma konvalesen. Kegiatan itu digelar Komando Armada (Koarmada) II.

Panglima Koarmada II Laksamana Muda (Laksda) TNI Iwan Isnurwanto seperti dilansir dari Antara di Surabaya menyebutkan, kegiatan itu diikuti sebanyak 699 orang penyintas Covid-19. Selain anggota TNI AL, donor itu diikuti juga keluarga TNI AL dan masyarakat umum.

”Seluruh jajaran di TNI Angkatan Laut di bawah perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut melaksanakan donor plasma konvalesen,” kata Iwan Isnurwanto.

Menurut dia, kegiatan donor plasma konvalesen di Koarmada II Surabaya itu bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo. ”Jadi khusus yang digelar Koarmada II ini nanti hasil donor plasma konvalesen dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama disumbangkan untuk PMI Kota Surabaya dan yang kedua disalurkan ke PMI Sidoarjo.” Terang Iwan Isnurwanto.

Kegiatan donor plasma konvalesen di Koarmada II Surabaya ditinjau Ketua PMI Jawa Timur Imam Utomo. Mantan Gubernur Jawa Timur itu menyatakan, dalam sehari di wilayah provinsi tersebut merima permintaan plasma konvalesen sedikitnya 1.400 pasien Covid-19.

”Bayangkan sebanyak itu permintaannya dan memang plasma konvalesen ini sangat cepat menyembuhkan pasien Covid-19, terutama yang mengalami gejala sesak nafas,” kata Imam Utomo.

Untuk memenuhi permintaan tersebut Imam Utomo mengimbau agar para penyintas Covid-19 bersedia mendonorkan plasma agar stok plasma konvalesen di PMI, khususnya wilayah Jawa Timur, selalu tersedia. Seorang pasien Covid-19 membutuhkan sedikitnya dua hingga empat kantong plasma konvalesen yang berasal dari darah penyintas Covid-19 sebagai terapi penyembuhan.

”Sedangkan seorang pendonor bisa menghasilkan sebanyak dua hingga tiga kantong plasma konvalesen,” tutur Imam Utumo.

Koarmada II menargetkan dari kegiatan yang digelar sepanjang Kamis (12/8) dapat menghasilkan sebanyak 2 ribu kantong plasma konvalesen untuk disumbangkan ke PMI Kota Surabaya dan Sidoarjo.


Ratusan Anggota TNI AL di Surabaya Donorkan Plasma Konvalesen