Uji Coba Liga 1, Pemerintah Dorong Pemanfaatan Aplikasi PeduliLindungi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Uji Coba Liga 1, Pemerintah Dorong Pemanfaatan Aplikasi PeduliLindungi


JawaPos.com – Pemerintah akan melakukan uji coba penggunaan aplikasi PeduliLindungi dalam pertandingan sepak bola Liga 1 yang akan dimulai pada pekan ini. Uji coba yang akan diiringi dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat ini akan menjadi salah satu langkah awal bangsa Indonesia menuju tatanan kehidupan baru yang berdampingan dengan epidemi.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menjelaskan, uji coba ini akan dilakukan pada 27-29 Agustus 2021. Uji coba akan dilakukan maksimum pada 3 pertandingan tanpa penonton yang digelar di wilayah DKI Jakarta. Uji coba akan dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang sejalan dengan kebijakan PPKM Jawa-Bali.

“Sama halnya dengan pusat perbelanjaan, mal, dan industri, protokol kesehatan yang ketat akan diterapkan dalam pertandingan. Selain itu, yang penting juga adalah kita akan menguji coba penggunaan aplikasi PeduliLindungi dalam pertandingan tersebut,” kata Johnny dalam keterangannya, Selasa (24/8).

Johnny mengatakan, pemerintah meminta para pendukung dan penggemar sepak bola di Indonesia untuk tidak datang ke stadium. Masyarakat juga diharapkan dapat menghindari aktivitas nonton bareng dan menyaksikan pertandingan kompetisi Liga 1 dari rumah saja.

Johnny mengharapkan masyarakat dapat mengikuti anjuran pemerintah agar uji coba pertandingan sepak bola liga 1 ini dapat berjalan lancar. Jika uji coba ini berhasil, lanjutnya, tidak menutup kemungkinan penerapan protokol kesehatan yang sama bisa dilakukan juga pada kompetisi olahraga lainnya.

“Hal merupakan salah satu langkah awal untuk hidup berdampingan dengan epidemi dan membiasakan kita untuk menerapkan protokol kesehatan dengan memanfaatkan dukungan teknologi digital dari aplikasi PeduliLindungi,” ujar Johnny.

Sementara itu, Sekjen Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Yunus Nusi mengatakan setelah terbit rekomendasi dari BNPB dan izin Kepolisian, PSSI sebagai regulator dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator liga akan memulai kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Dia memastikan PT LIB telah melakukan koordinasi dengan semua pihak termasuk penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Liga mulai tgl 27 Agustus 2021 kick off sampai April 2022,” ujar Yunus.


Uji Coba Liga 1, Pemerintah Dorong Pemanfaatan Aplikasi PeduliLindungi