June 18, 2020 at 07:27AM - Sebanyak 8 Petugas KKP Batam Terinfeksi Virus Korona -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Sebanyak 8 Petugas KKP Batam Terinfeksi Virus Korona

JawaPos.com–Total delapan petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Batam diketahui terinveksi virus korona pada Rabu (17/6). Seluruh petugas KKP yang positif Covid-19 tersebut telah dirujuk ke RS Khusus Infeksi Pulau Galang.

Kepala KKP Kelas I Batam Achmad Farchanny menyatakan, pihaknya telah melakukan tes PCR terhadap seluruh petugas atau sebanyak 99 orang. Hasilnya, delapan orang yang positif. ”Kedelapan orang pegawai kami yang positif ini tidak menunjukkan gejala Covid-19 atau OTG,” kata Farchanny seperti dilansir dari Antara.

Delapan orang petugas KKP yang positif Covid-19 terdiri atas empat orang bertugas di kantor induk Pelabuhan Batuampar yaitu dua orang di bagian tata usaha, seorang bertugas di bagian pelayanan dokumen karantina, dan seorang petugas keamanan. Kemudian empat orang lainnya bertugas di pintu masuk. Yalni masing-masing seorang di Pelabuhan Sagulung, Pelabuhan Nongsa, Pelabuhan Batam Centre, dan Bandara Hang Nadim.

”Demi keselamatan mereka dan pencegahan penularan lebih lanjut, yang bersangkutan sudah dirujuk ke RSKI Galang untuk isolasi dan penanganan lebih lanjut,” kata Farchanny.

Selain itu, pihaknya bersama tim Dinas Kesehatan Kota Batam dan BTKLPP Kelas I Batam juga melakukan penelusuran kontak erat 8 pegawai yang positif Covid-19. Farchanny menyampaikan, risiko pekerjaan petugas KKP tinggi karena menjadi garda paling depan di pintu masuk negara. Mereka langsung berhubungan dengan pelaku perjalanan yang belum diketahui kondisi kesehatannya.
”Jadi, protokol kesehatan di tempat kerja sudah sangat ketat kami terapkan karena ada kelalaian sedikit saja bisa langsung terpapar,” tutur Farchanny.

Sementara itu, tim medis menelusuri riwayat penularan delapan orang pegawai Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Batam, Kepulauan Riau, yang dinyatakan positif Covid-19. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri Tjetjep Yudiana di Tanjungpinang mengatakan, penelusuran riwayat aktivitas delapan orang pegawai KKP itu cukup rumit. Lantaran mereka tidak berada dalam satu kawasan saat bertugas. ”Ada yang bertugas di Pelabuhan Nongsa dan ada yang di Pelabuhan Batam Centre,” kata Tjetjep.

Beberapa hari lalu, pegawai KKP yang positif Covid-19 sebanyak 3 orang, kemudian bertambah 5 orang lagi. Salah satu pegawai KKP yang terkonfirmasi positif Covid-19 bertugas sebagai satpam kantor. Penelusuran terhadap seorang satpam itu pun agak rumit. Pasien mengaku tidak pernah kontak dengan Sekretaris KKP Batam yang sekitar sebulan lalu positif Covid-19.

”Kami masih menelusuri apakah ada keterkaitan dengan kasus itu atau tidak,” ucap Tjetjep.

Dari tujuh kabupaten dan kota di Kepri, tinggal Batam yang masih masuk zona merah. Jumlah pasien positif Covid-19 di Batam pada Rabu  (17/6) bertambah 9 orang sehingga menjadi 194 orang. Sebanyak 102 orang dinyatakan sembuh, sementara yang masih dirawat dan dikarantina mencapai 81 orang. Pasien yang meninggal dunia di Batam sebanyak 11 orang.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Sebanyak 8 Petugas KKP Batam Terinfeksi Virus Korona